ABSTRAK Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 1 Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 2 Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 3 Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 4 Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 5 Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
BAB 6 Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
PUSTAKA Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
LAMPIRAN Sheryl Alicia
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Terbatas Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB
Airbnb adalah platform online di sektor akomodasi yang memfasilitasi penyewaan
jangka pendek untuk rumah, apartemen, dan pilihan penginapan lainnya, dengan
menggunakan model ekonomi berbagi. Model ini memungkinkan individu untuk
menyewakan properti pribadi mereka kepada para wisatawan, menyediakan
berbagai macam pilihan akomodasi. DKI Jakarta sebagai salah satu pusat perkotaan
utama di Indonesia menjadi destinasi populer bagi wisatawan domestik maupun
internasional, memiliki sejumlah besar listing Airbnb. Airbnb menjadi salah satu
alternatif yang menawarkan pilihan lain yang lebih unik dan cenderung lebih murah
daripada akomodasi lainnya seperti hotel. Hal ini menyebabkan adanya persaingan
sehingga perlu adanya penetapan harga yang kompetitif. Penelitian ini dilakukan
untuk mengidentifikasi faktor yang ada dalam menentukan harga airbnb di DKI
Jakarta. Analisis ini dilakukan dengan Hedonic Pricing Methods (HPM) untuk
melihat karakteristik setiap listing dan dilakukan dengan metode regresi Ordinary
Least Square (OLS) dan Multiscale Geographically Weighted Regression
(MGWR) dan akan digunakan model terbaik dari hasil regresi. Ditemukan bahwa
metode MGWR menghasilkan model yang lebih baik sehingga penentuan harga
listing airbnb dipengaruhi oleh faktor spasial antar listing. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara satu wilayah terdapat empat faktor utama yang
mempengaruhi penentuan harga yaitu Occupancy Rate, jumlah review, jenis listing,
dan jarak dengan objek pariwisata. Jika dilihat dalam skala yang lebih kecil,
ditemukan pada beberapa kecamatan di DKI Jakarta terdapat beberapa faktor
lainnya yang mempengaruhi penentuan faktor harga pada setiap kecamatan.
Terdapat lima kecamatan yang memiliki tujuh faktor utama dalam penentuan harga
yang meliputi Occupancy Rate, jumlah review, jenis listing, jarak dengan objek
pariwisata, harga untuk kebersihan, jumlah maksimal tamu, dan jenis properti.
Kecamata ini berada pada wilayah tengah jakarta yaitu di Kota Jakarta Pusat dan
Kota Jakarta Selatan bagian Utara yang masih mendekati Kota Jakarta Pusat.