digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Tahap utama dalam pengembangan perangkat lunak adalah pemodelan perangkat lunak, salah satunya menggunakan diagram Unified Modeling Language (UML). Diagram UML cukup populer, bahkan diadopsi oleh banyak perguruan tinggi untuk pemodelan perangkat lunak. Namun, metode pembelajaran tradisional dianggap membosankan dan kurang menarik. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan adalah gamifikasi, yaitu menggunakan elemen permainan dalam konteks di luar permainan, berbasis virtual reality (VR). VR memungkinkan pengalaman imersif dan mendukung interaksi sosial antar pemain. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak gamifikasi pemodelan diagram UML berbasis VR dengan mempertimbangkan aspek sosial sehingga membuat latihan pemodelan UML yang mudah digunakan serta menarik/menyenangkan. Solusi ini dikembangkan dengan metode ADDIE dalam tiga sistem, yaitu sistem gamifikasi, sistem permainan, dan sistem networking. Tugas akhir ini mengimplementasikan sistem gamifikasi dan sistem permainan, sedangkan sistem networking menggunakan Photon Cloud Server. Sistem gamifikasi diimplementasikan sebagai backend untuk menyimpan state gamifikasi yang dikembangkan menggunakan Flask. Sistem permainan dikembangkan dengan Unity, Mixed Reality Toolkit dan Photon Fusion untuk mendukung interaksi VR serta sinkronisasi dalam jaringan. Alternatif solusi yang dikembangkan mencakup tiga tipe permainan: satu pemain, multipemain kolaboratif, dan multipemain kompetitif. Pada tipe permainan satu pemain dan multipemain kolaboratif, terdapat dua jenis gamifikasi skor: poin dan waktu. Hasil dari pengembangan perangkat lunak ini akan diuji secara fungsional untuk memastikan kualitas perangkat lunak. Perangkat lunak diuji kepada pengguna untuk menentukan tingkat kemudahan dan kesenangan terhadap solusi yang dikembangkan. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa semua jenis dan tipe permainan cukup mudah digunakan dengan SUS score di atas 68. Selain itu, semua solusi memiliki nilai rata-rata Interest/Enjoyment menggunakan Intrinsic Motivation Inventory yang cukup tinggi, yaitu di atas 5.9 dari skala Likert 7 poin. Hasil ini menunjukkan bahwa perangkat lunak gamifikasi VR yang dikembangkan tidak hanya mudah untuk digunakan, tetapi juga menarik/menyenangkan bagi pengguna.