digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi ini mengeksplorasi tantangan motivasi yang dihadapi oleh karyawan Telkom Indonesia dalam berpartisipasi dengan platform e-learning perusahaan, myDigiLearn. Meskipun Telkom Indonesia memiliki reputasi sebagai pemimpin dalam layanan pembelajaran dan pengembangan, tinjauan internal yang dilengkapi dengan wawancara mendalam yang melibatkan enam karyawan dari berbagai tingkat organisasi mengungkapkan adanya disengagement yang signifikan dan motivasi rendah untuk berpartisipasi dalam program pembelajaran perusahaan. Penelitian ini mengidentifikasi penyebab utama disengagement ini adalah sifat myDigiLearn yang repetitif dan kurang menarik, yang sebagian besar menggunakan metode online statis, termasuk membaca dokumen PDF dan menonton video panjang. Metode-metode ini kurang memiliki elemen interaktif yang dapat merangsang minat dan motivasi karyawan. Untuk mengatasi masalah ini, studi ini mengusulkan integrasi gamifikasi ke dalam platform e- learning. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif, studi ini mengumpulkan wawasan melalui wawancara semi-terstruktur, yang mengungkapkan bahwa gamifikasi dapat menjadi alat untuk meningkatkan keterlibatan karyawan. Strategi gamifikasi yang diusulkan termasuk pengintegrasian penilaian interaktif, leaderboard, lencana pencapaian, dan permainan pembelajaran berbasis skenario, yang semuanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan memotivasi. Temuan ini menunjukkan bahwa elemen gamifikasi tersebut dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar, mengatasi masalah kebosanan dan keterlibatan rendah saat ini, dan pada akhirnya membentuk tenaga kerja yang lebih termotivasi dan terampil di Telkom Indonesia.