digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Meningkatnya industri probiotik, kesehatan, dan kebugaran di Indonesia telah memaksa perusahaan-perusahaan di sektor ini untuk mengadopsi strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan. Banyak perusahaan mempromosikan nilai produk mereka, menonjolkan manfaat, dan bahan-bahannya. Nilai produk merupakan faktor kunci yang mempengaruhi keinginan pelanggan untuk mempertahankan produk. Asa Cerra adalah perusahaan baru yang sedang menentukan profil pelanggan untuk peluncuran produk probiotik kami yang akan datang. Memahami profil pelanggan akan membantu Asa Cerra menyesuaikan nilai dan strategi komunikasi pemasaran untuk “Nata de Whey”, memastikan produk tersebut secara efektif meningkatkan kesehatan pencernaan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan kami untuk mempromosikan “Nata de Whey'' berdasarkan nilai-nilai ini menggunakan AIDA Marketing Funnel. Studi ini mengintegrasikan analisis internal tim Asa Cerra dengan evaluasi eksternal melalui PESTLE, Lima Kekuatan Porter, dan analisis kompetitif. Secara metodologis, proses ini mengikuti delapan tahap yang mencakup identifikasi masalah, tinjauan literatur, dan pengumpulan data komprehensif dari sumber internal dan eksternal, termasuk wawancara mendalam dengan pelanggan dan pakar. Hasil penelitian ini menemukan bahwa karakteristik pelanggan Asa Cerra adalah sadar akan kesehatan, memiliki pengetahuan yang baik tentang probiotik, dan aktif mencari informasi dari berbagai sumber, termasuk jurnal ilmiah, media sosial, pakar, dan jaringan pribadi, serta menjaga keterbukaan. pendekatan berpikiran terhadap perkembangan terkini. Oleh karena itu, strategi yang akan kami gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan kami dengan perilaku seperti itu, Asa Cerra akan meningkatkan kesadaran melalui konten dan kampanye Instagram dengan mempromosikan manfaat probiotik dan “Nata de Whey”, membangkitkan minat dengan detail produk dan testimonial, membangun keinginan dengan menyoroti manfaat unik, harga, ketersediaan, dan komunitas, yang terakhir mendorong tindakan melalui platform e-niaga yang lancar dan layanan purna jual yang sangat baik. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas, membangun kredibilitas, dan membina komunitas yang setia, dan mendorong tingkat konversi tinggi dan keterlibatan merek.