2024 SK PP Final Project_Pieter Jose Santoso_19221003
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos
Target pasar Saejiva terdiri dari penggemar kesehatan dan parfum berusia 21-40 tahun. Saat ini dalam tahap Pertumbuhan Pasar, Saejiva memiliki tingkat retensi konsumen yang buruk sebesar 2,19%. Salah satu nilai yang terkait dengan ekuitas merek adalah loyalitas (Taylor et al., 2004, 217-227). Temuan awal dari audit merek menunjukkan masalah dengan kemasan dan tagline, seperti kesalahpahaman mengenai makna tagline dan keluhan atas daya tahan kotak. Oleh karena itu, rencana pengembangan dibuat untuk meningkatkan daya tahan kemasan dan daya ingat tagline. Dengan menerapkan pendekatan Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan (CBBE) Keller, studi ini berupaya untuk meningkatkan ekuitas merek Saejiva. Melalui wawancara mendalam kualitatif dengan responden berusia 21 hingga 40 tahun di Bandung, studi ini dengan ruang lingkup & keterbatasannya menganalisis penilaian elemen merek untuk mengevaluasi ekuitas merek. Riset tindakan dan wawancara mendalam digunakan untuk metodologi, pengumpulan data, dan analisis data, dengan penekanan pada 13 responden berdasarkan target pasar Saejiva yang terdiri dari aktivis lingkungan, kreator konten, dan penggemar parfum dan kesehatan. Solusi & implementasi bisnis dikembangkan dengan mengkode dan menganalisis informasi yang dikumpulkan dari wawancara ini menggunakan Nvivo 14, yang terdiri dari memanfaatkan tagline melalui penggunaan yang konsisten dan kampanye penceritaan, memperkuat nama merek melalui latar belakang cerita dan konten pengucapan yang menarik, meningkatkan desain botol dengan fitur unik dan riset keamanan, dan meningkatkan kemasan kotak dengan elemen unik dan nama varian bahasa Inggris. Strategi ini memerlukan langkah-langkah tertentu seperti menyiapkan sumber daya, melakukan riset pasar, membuat konten, dan bekerja dengan mitra eksternal. Saejiva harus melakukan peningkatan pada nama merek, desain botol, kemasan kotak, dan slogan untuk memperkuat penawaran dan mereknya. Strategi ini meningkatkan ekuitas merek, retensi, & loyalitas pelanggan sejalan dengan model CBBE Keller. Dengan anggaran yang diproyeksikan sebesar Rp 1.700.000,00 untuk bulan September & Q4 2024, fokus strategis tersebut akan memperkuat posisi pasar Saejiva, menjadikannya lebih adaptif dan kompetitif, sementara dana yang tersisa dapat digunakan untuk mendukung upaya pemasaran lebih lanjut yang meningkatkan ekuitas merek secara keseluruhan dan retensi pelanggan.