digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara narasi keberlanjutan lingkungan ("naratif hijau") dan ekuitas merek dalam industri perhotelan. Penelitian ini menyelidiki bagaimana penerimaan dan komunikasi praktik keberlanjutan memengaruhi ekuitas merek berdasarkan pelanggan (CBBE) menggunakan kerangka kerja komprehensif yang mengintegrasikan analisis horizontal dan vertikal serta model CBBE Kevin Lane Keller. Analisis horizontal mengukur sejauh mana upaya-upaya ini beresonansi dengan pelanggan dan memengaruhi persepsi merek. Analisis vertikal mengkaji kedalaman inisiatif keberlanjutan, dengan menekankan integrasi ini dalam organisasi, seperti tata letak ramah lingkungan, makanan lokal otentik, dan pelayanan yang bermutu tinggi. Model CBBE Keller memandu eksplorasi tahap-tahap pengembangan merek, mulai dari identitas hingga resonansi, menyoroti bagaimana narasi hijau memengaruhi pengakuan, signifikansi, respons, dan resonansi merek. Melalui penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengungkap bagaimana narasi hijau membentuk persepsi dan loyalitas pelanggan dalam industri perhotelan. Temuan ini akan memberikan wawasan praktis bagi bisnis yang mencari penyelarasan upaya keberlanjutan dengan tujuan ekuitas merek, yang berkontribusi pada kesuksesan mereka dalam dunia yang sadar akan kelestarian lingkungan.