2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Abstract
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - List of Contents
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - References
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Arief Muwardi Satyanegara [19017132] - Full Text
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Teknologi finansial atau Fintech telah hadir di Indonesia sejak tahun 1987 dengan diperkenalkannya mesin ATM. Selanjutnya, pada tahun 2001, e-banking diperkenalkan dengan langkah-langkah keamanan tingkat lanjut. Pada tahun 2014, penggunaan e-banking di Indonesia telah mencapai Rp 6,447 triliun, dan pada tahun 2015, sistem pembayaran online diperkenalkan, memberikan kemudahan dalam layanan belanja dan perjalanan. Hanya empat tahun kemudian, sistem pembayaran online mencatat 5,2 miliar transaksi secara signifikan, dengan perkiraan nilai sebesar Rp 208,5 triliun, yang menunjukkan popularitasnya yang luas sebagai metode pembayaran.
GoPay dikenal sebagai salah satu sistem pembayaran online paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Meningkatnya tren penggunaan pembayaran online membuat para pelaku usaha, khususnya di industri kuliner, menerapkan sistem ini untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi calon pelanggannya. Berbagai elemen dalam sistem pembayaran, seperti keamanan, efisiensi, rekomendasi pihak luar, dan diskon yang tersedia, dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan pelanggan saat melakukan pembelian. Memahami dan memanfaatkan hubungan antara sistem pembayaran online dan keputusan pembelian pelanggan dapat memberikan keuntungan bagi bisnis kuliner.
Penelitian ini dirancang untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem pembayaran online, seperti GoPay, terhadap keputusan pembelian pelanggan pada bisnis kuliner di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan sistem pembayaran ini memberikan keuntungan bagi perusahaan kuliner. Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 partisipan di Bandung, dilanjutkan dengan analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor tertentu mempengaruhi pilihan pelanggan terhadap GoPay sehingga menghasilkan persepsi positif dan berdampak pada keputusan pembelian mereka. Oleh karena itu, integrasi GoPay sebagai sistem pembayaran online dapat bermanfaat bagi para pebisnis kuliner di Bandung.