PT Oranye, perusahaan teknologi parkir yang didirikan pada tahun 2019,
merupakan perusahaan yang inovatif dibandingkan dengan perusahaan parkir yang
sudah lama eksistensinya. PT Oranye memanfaatkan teknologi digital untuk
mengatasi permasalahan lalu lintas dan parkir perkotaan dengan produk dan
layanan unik seperti model berbasis cloud-IoT yang menyediakan laporan data
transparansi dan CMS (Compact Motorcycle Storage) yang memberikan kapasitas
parkir maksimum untuk sepeda motor dalam ruang terbatas. Sebagai perusahaan
yang relatif baru di industri parkir, PT Oranye menghadapi tantangan dalam hal
kesadaran merek dan manajemen hubungan klien, yang keduanya merupakan area
penting untuk meningkatkan daya saing dalam industri ini.
Peneliti mempelajari kesenjangan yang ada dalam strategi bisnis PT Oranye saat ini
dan mengeksplorasi lebih lanjut tentang peningkatan penting dalam pemasaran dan
manajemen hubungan pelanggan untuk mendorong pertumbuhan perusahaan.
Untuk lebih memahami peningkatan kinerja bisnis, peneliti mempelajari bagaimana
pelaku bisnis parkir memandang industri ini, mengidentifikasi strategi pemasaran
yang efektif, dan bagaimana manajemen hubungan klien memengaruhi proses
bisnis. Informasi data dikumpulkan melalui kombinasi analisis internal dan
eksternal perusahaan. Temuan penelitian ini menyarankan pendekatan praktis
terhadap pemasaran digital menggunakan metode inbound marketing seperti SEO,
konten media sosial, dan iklan berbayar untuk meningkatkan brand awareness PT
Oranye. Selain itu, penggunaan alat CRM juga diperlukan untuk standarisasi proses
perusahaan dan membantu PT Oranye sebagai pusat data untuk meningkatkan
hubungan pelanggan.