Penelitian ini mengeksplorasi praktik diversifikasi strategis dan pengasuhan
perusahaan PT Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI) untuk meningkatkan
kinerja bisnisnya di industri manufaktur yang kompetitif di Indonesia. Grup YPTI
memiliki enam unit bisnis. Dengan industri otomotif bergeser ke arah mobil listrik,
studi ini menekankan pentingnya menerapkan strategi pembiayaan perusahaan
yang direncanakan dengan baik dan pengembangan pusat untuk berhasil
mengelola beberapa bisnis. Tantangan terletak pada struktur organisasi yang ada
dari kelompok YPTI, yang tidak memiliki strategi pengasuhan perusahaan yang
kohesif, yang mengarah pada operasi yang terfragmentasi dan kinerja di bawah
optimal di seluruh unit bisnisnya. Studi ini menunjukkan bahwa unit bisnis YPTI
dapat sangat mendapat manfaat dari strategi pengasuhan perusahaan yang jelas
dan organisasi pengembangan pusat yang sinergis, yang mengarah pada
peningkatan kesuksesan dan daya saing secara keseluruhan.
Studi ini menggunakan data primer dan sekunder untuk menganalisis portofolio
bisnis yang beragam dari YPTI Group menggunakan alat-alat seperti matriks BCG
dan matriks kesesuaian orang tua. Ia juga menyarankan pendekatan komprehensif
untuk merancang pusat perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja keseluruhan
YPTI dan anak perusahaannya dengan mengembangkan strategi yang berfokus
pada pengasuhan dan sinergi. Temuan ini menunjukkan bahwa YPTI ditempatkan
di kuadran "Cash Cow" dari matriks BCG. Mapping matrix yang cocok untuk
orangtua menunjukkan keseimbangan yang kuat antara karakteristik orangtua dan
komponen utama keberhasilan dari masing-masing unit bisnis. Namun, satu unit
bisnis, YSPI, berlokasi di daerah "rand of the heartland", yang merupakan
ancaman bagi kelangsungan hidup perusahaan induk. Penelitian ini mengusulkan
penciptaan pusat perusahaan terpusat yang menyesuaikan strategi pengasuhan
perusahaan dengan kebutuhan unik unit bisnis, memastikan bahwa rencana bisnis
dijalankan secara logis. Studi ini memiliki implikasi yang signifikan untuk
komunitas ilmiah dan disiplin administrasi bisnis, memberikan perspektif penting
bagi para sarjana dan profesional yang terlibat dalam strategi perusahaan dan
pertumbuhan organisasi, terutama di industri manufaktur otomotif