digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Dorothea Dina Safira
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini mengeksplorasi praktik diversifikasi strategis dan pengasuhan perusahaan PT Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI) untuk meningkatkan kinerja bisnisnya di industri manufaktur yang kompetitif di Indonesia. Grup YPTI memiliki enam unit bisnis. Dengan industri otomotif bergeser ke arah mobil listrik, studi ini menekankan pentingnya menerapkan strategi pembiayaan perusahaan yang direncanakan dengan baik dan pengembangan pusat untuk berhasil mengelola beberapa bisnis. Tantangan terletak pada struktur organisasi yang ada dari kelompok YPTI, yang tidak memiliki strategi pengasuhan perusahaan yang kohesif, yang mengarah pada operasi yang terfragmentasi dan kinerja di bawah optimal di seluruh unit bisnisnya. Studi ini menunjukkan bahwa unit bisnis YPTI dapat sangat mendapat manfaat dari strategi pengasuhan perusahaan yang jelas dan organisasi pengembangan pusat yang sinergis, yang mengarah pada peningkatan kesuksesan dan daya saing secara keseluruhan. Studi ini menggunakan data primer dan sekunder untuk menganalisis portofolio bisnis yang beragam dari YPTI Group menggunakan alat-alat seperti matriks BCG dan matriks kesesuaian orang tua. Ia juga menyarankan pendekatan komprehensif untuk merancang pusat perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja keseluruhan YPTI dan anak perusahaannya dengan mengembangkan strategi yang berfokus pada pengasuhan dan sinergi. Temuan ini menunjukkan bahwa YPTI ditempatkan di kuadran "Cash Cow" dari matriks BCG. Mapping matrix yang cocok untuk orangtua menunjukkan keseimbangan yang kuat antara karakteristik orangtua dan komponen utama keberhasilan dari masing-masing unit bisnis. Namun, satu unit bisnis, YSPI, berlokasi di daerah "rand of the heartland", yang merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup perusahaan induk. Penelitian ini mengusulkan penciptaan pusat perusahaan terpusat yang menyesuaikan strategi pengasuhan perusahaan dengan kebutuhan unik unit bisnis, memastikan bahwa rencana bisnis dijalankan secara logis. Studi ini memiliki implikasi yang signifikan untuk komunitas ilmiah dan disiplin administrasi bisnis, memberikan perspektif penting bagi para sarjana dan profesional yang terlibat dalam strategi perusahaan dan pertumbuhan organisasi, terutama di industri manufaktur otomotif