Objektif dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan dalam memilih aplikasi ojek online yang berfokus pada
penggunaan transportasi. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan
kualitatif yang memiliki objektif dalam mencari faktor yang penting melalui indepth interview. Dalam tahap kuantitatif factor analysis dilakukan untuk
mengkonfirmasi apakah faktor faktor yang ditemukan cocok untuk dilakukan
analisa. Selanjutnya cluster analysis dilakukan untuk mengelompokan pengguna
aplikasi ojek online pada transporatsinya. Hasil dari penelitian ini menemukan
adanya empat segmentasi yang terbentuk, satu segmen yang tidak sensitif pada
harga, dan yang tiga lainnya sensitif pada harga. Secara umum, faktor empati
ditemukan memiliki pengaruh kepada keputusan pembelian, terutama dalam
menurunkan sensitivitas harga, namun setiap segmen memiliki keunikannya
masing dari kepentingan faktornya. Studi ini bersifat umum dan tidak berfokus
pada satu perusahaan saja, melainkan industrinya, oleh karena itu implementasi
yang diajukan bersifat umum. Meskipun hampir semua segmen merupakan segmen
yang sensitif terhadap harga, namun jika perusahaan berhasil menemukan faktor
yang penting untuk mereka, ada kemungkinan cara untuk menurunkan
kecenderungan tersebut. Segmen satu dan empat merupakan target yang cocok
untuk pemasar. Diketahui bahwa segment tersebut memprioritaskan kompetensi
dan empati pada kualitas layanan dalam memilih aplikasi ojek online. Faktor
tersebut dievaluasi melalui pengalaman sebelumnya.