digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Vinsensius Gonaldson
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Objektif dari penelitian ini adalah untuk menemukan faktor yang dapat mempengaruhi keputusan dalam memilih aplikasi ojek online yang berfokus pada penggunaan transportasi. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan kualitatif yang memiliki objektif dalam mencari faktor yang penting melalui indepth interview. Dalam tahap kuantitatif factor analysis dilakukan untuk mengkonfirmasi apakah faktor faktor yang ditemukan cocok untuk dilakukan analisa. Selanjutnya cluster analysis dilakukan untuk mengelompokan pengguna aplikasi ojek online pada transporatsinya. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya empat segmentasi yang terbentuk, satu segmen yang tidak sensitif pada harga, dan yang tiga lainnya sensitif pada harga. Secara umum, faktor empati ditemukan memiliki pengaruh kepada keputusan pembelian, terutama dalam menurunkan sensitivitas harga, namun setiap segmen memiliki keunikannya masing dari kepentingan faktornya. Studi ini bersifat umum dan tidak berfokus pada satu perusahaan saja, melainkan industrinya, oleh karena itu implementasi yang diajukan bersifat umum. Meskipun hampir semua segmen merupakan segmen yang sensitif terhadap harga, namun jika perusahaan berhasil menemukan faktor yang penting untuk mereka, ada kemungkinan cara untuk menurunkan kecenderungan tersebut. Segmen satu dan empat merupakan target yang cocok untuk pemasar. Diketahui bahwa segment tersebut memprioritaskan kompetensi dan empati pada kualitas layanan dalam memilih aplikasi ojek online. Faktor tersebut dievaluasi melalui pengalaman sebelumnya.