Kemajuan teknologi di sektor keuangan Indonesia telah mengubah transaksi
finansial dan perilaku konsumen, terutama melalui adopsi uang elektronik (eMoney) dan inisiatif seperti Gerakan Nasional Non-Tunai. Didirikan pada tahun
1958, Ben Bank beradaptasi dengan perubahan ini melalui Jen Bank, divisi
digitalnya yang diluncurkan pada tahun 2016, Yang melayani kaum milenial
perkotaan dengan Solusi inovatif, termasuk Pay Later. Meskipun memiliki potensi,
adopsiawal Pay Later masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai
kesadaran saat ini terhadap Jen Bank Pay Later, mengeskplorasi strategi
peningkatan, dan mengembangkan rencana pemasaran yang kompetitif.
Menggunakan metode campuran, penilitan ini menyelidiki factor-faktor yang
mempengaruhi kesadaran merek melalui analisis eksternal dan internal. Analisis
eksternal melibatkan Porter’s 5 Forces, analisis pesaing, dan Model Penerimaan
Teknologi, sementara analisis internal menggunakan kerangka VRIO, Value Chain
Analysis, dan Marketing Mix 7P. Pengumpulan data mencakup obervasi,
wawancara mendalam, kuesioner. Data kualitatif dianalisis untuk kondisi eksternal
dan internal, sementara data kuantitatif diproses dengan SPSS untuk validitas,
realibilitas, dan regresi linier. Model pengukuran PLS-SEM (Partial Least squares
structural Equation Modelling) menguji model pengukuran untuk validitas
realiabilitas, dan evalusasi hubungan. Studi ini mengungkapkan kesadaran dan
penggunaan Pay Later yang terbatas di antara pelanggan yang dipilih karena upaya
pemasaran yang kurang memadai dan rentang pembayaran yang sempit. Pasar Pay
Later yang berkembang di Indonesia, didorong oleh adopsi pembayran digital,
menghadirkan peluang dan ancaman. Jen Bank menghadapi persaingan ketat dari
pemain ekosistem dan layanan teknologi finansial. Kekuatan meliputi kemajuan
teknologi dan dukungan regulasi, sementara kelemahan termasuk kesadaran yang
rendah. Meningkatkan kesadaran merek dan mengadopsi strategi pemasaran yang
efektig direkomendasikan untuk memperkuat posisi pasar dan adopsi Jen Bank Pay
Later.