Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - Rafael Rubens
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Total barang yang harus dibongkar dan dimuat di Indonesia pada tahun 2023
mengalami peningkatan sehingga kualitas dari sistem logistik dan transportasi
maritim juga harus diperhatikan, termasuk PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN)
Cakung. Depo Peti Kemas X, salah satu perusahaan jasa penyimpanan peti kemas
kosong di KBN Cakung, memiliki peningkatan pada jumlah throughput. Namun,
perusahaan tersebut justru mengalami kendala dari meningkatnya Truck Round
Time (TRT) yang melebihi standar yang ditetapkan. Penelitian ini ditujukan untuk
mengatasi masalah tersebut dengan penjadwalan truk agar mampu meningkatkan
efisiensi depo dan meminimasi rata-rata TRT.
Penelitian diawali dengan penentuan kuota truk maksimal yang dapat menunggu di
depo dengan model simulasi. Parameter tersebut dipilih berdasarkan nilai waktu
putar minimum yang berasal dari output simulasi. Selanjutnya, kuota truk menjadi
input bagi model integer linear programming (ILP) dalam menghasilkan jadwal
kedatangan truk harian yang meminimasi ekspektasi biaya vendor truk yang terdiri
atas biaya transportasi, demurrage, dan biaya menunggu. Model optimasi ILP
menghasilkan waktu kedatangan truk optimal harian untuk memenuhi setiap
delivery order berdasarkan parameter berupa demand per hari, kapasitas truk yang
tersedia per jam, dan kuota maksimal truk per jam yang dapat berada di area depo.
Jadwal kedatangan truk optimal menghasilkan ekspektasi total biaya vendor truk
sebesar Rp57.040.357 dan rataan TRT sebesar 36,00 menit dengan penghematan
biaya sebesar 4,23% dan waktu sebanyak 9,09% dari kondisi eksisting. Kuota truk
maksimal bernilai 13 truk dan bersifat sensitif terhadap fungsi tujuan dan variabel
keputusan. Hasil penelitian ini juga dilengkapi dengan usulan prosedur penerapan
sistem penjadwalan kedatangan truk.