digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Rhenus Logistics Indonesia adalah cabang lokal dari perusahaan pengiriman barang asal Jerman yang menawarkan layanan logistik global. Gangguan rantai pasokan baru-baru ini di jalur perairan penting di bagian barat Indonesia telah menyebabkan pergeseran ke arah pengiriman melalui udara, terutama untuk kargo yang sensitif terhadap waktu. Pangsa pasar kargo udara Rhenus Indonesia masih jauh dari tolok ukur perusahaan, sehingga membutuhkan produk layanan kargo udara. Tesis ini menggabungkan wawasan kuantitatif dari analisis rute perdagangan pada volume komoditas antara Indonesia dan mitra dagangnya, dengan wawasan kualitatif dari wawancara semi-terstruktur dengan para ahli perusahaan dan pelanggan. Proses hirarki analitis dan analisis penyebaran fungsi kualitas digunakan untuk mengidentifikasi metrik kritis untuk produk layanan pengiriman udara. Analisis tersebut mengungkapkan bahwa produk layanan tersebut terutama harus menargetkan akun berukuran sedang di bidang Hightech, Mobilitas dan Transportasi, Life-Science dan Perawatan Ke- sehatan, serta Fashion dan Tekstil. Fokusnya harus pada pemasok Tingkat 1 yang berurusan dengan barang setengah jadi, memanfaatkan rute perdagangan yang sudah mapan ke Frankfurt dan Ams- terdam untuk melayani Eropa Utara dan Tengah secara efektif. Layanan ini harus memprioritaskan kebutuhan pelanggan seperti keandalan, harga, kecepatan, fleksibilitas, dan frekuensi. Selain itu, meningkatkan layanan konsolidasi dan menerapkan model harga dinamis akan memperkuat posisi kompetitif Rhenus Indonesia. Produk layanan kargo udara yang diusulkan bertujuan untuk mengatasi kesenjangan pasar saat ini dan menyelaraskan dengan harapan pelanggan, sehingga meningkatkan pangsa pasar dan kinerja Rhenus Indonesia secara keseluruhan di sektor kargo udara.