digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Taksi Bluebird adalah salah satu opsi transportasi ternama di Indonesia, terutama di area Jabodetabek, yang secara konsisten menjadi pelopor dalam adaptasi teknologi. Meskipun demikian, kompetitor seperti Gojek dan Grab yang sedang naik daun menjadi tantangan yang besar bagi Bluebird. Menanggapi hal tersebut dan untuk meningkatkan kinerja kanal digital mereka, Bluebird mengimplementasikan Customer Relationship management (CRM) pada aplikasi MyBluebird untuk meningkatkan strategi digital dan terus menjadi kompetitif. Studi kasus ini mendalami tantangan yang dihadapi oleh Bluebird dalam pengimplementasian CRM dan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan keintiman pelanggan dan membentuk brand funnel yang lebih sehat, walaupun dengan anggaran yang terbatas. Melalui campaign terpersonalisasi dan integrasi strategis, Bluebird secara efektif menggaet dan terus berinteraksi dengan pelanggan, serta memperkuat posisinya dalam pasar. Melalui wawancara terstruktur, tantangan yang dihadapi terpapar dengan komprehensif dan melalui kuesioner, ditemukan pula wawasan yang mendalam. Temuan dalam studi kasus ini divalidasi menggunakan data primer, sekunder, yang melalui tahap triangulasi data dengan riset-riset sebelumnya terkait CRM, terutama dalam konteks implementasi strategi CRM.