Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X merupakan perusahaan importir buah di Kota Bandung yang berdiri sejak
tahun 2019. Menurut Wakil Direktur PT X, sumber utama penjualan kotor PT X
berasal dari penjualan kepada pelanggan Business-to-Business (B2B). PT X sedang
berfokus pada maksimasi laba perusahaan. Namun, terjadi penurunan pendapatan
di tahun 2023 dan penurunan tersebut menunjukkan penurunan yang signifikan jika
dibandingkan dengan pendapatan di tahun 2021 dan 2022. Setelah diselidiki lebih
lanjut, customer churn PT X menyentuh angka 48%. Melihat angka customer churn
yang tinggi, sumber daya PT X yang terbatas, serta kompetisi pasar yang ketat, PT
X memerlukan strategi pengelolaan pelanggan yang tepat, secara spesifik pada
strategi retensi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pengelolaan
pelanggan sebagai salah satu strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk
mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya.
Penelitian ini menggunakan kombinasi metode penelitian kualitatif dengan
wawancara tidak terstruktur dan observasi, serta metode penelitian kuantitatif
dengan menggunakan kuesioner dan data transaksi pelanggan PT X tahun 2023.
Proses perancangan strategi pengelolaan pelanggan usulan dilakukan dengan
mengevaluasi audit strategi pengelolaan pelanggan saat ini. Didapatkan hasil bahwa
PT X perlu berkonsentrasi pada komponen proses manajemen informasi, khususnya
pada pengelolaan informasi mengenai pelanggan. Oleh karena itu, dilakukan
pengolahan data informasi mengenai pelanggan dengan melakukan klasterisasi
pelanggan dan merancang strategi pengelolaan pelanggan berdasarkan bauran
pemasaran 4P. Agar proses pengolahan data pelanggan bersifat berkelanjutan,
dilakukan pula perancangan sistem pengolahan data pelanggan berdasarkan
pengolahan data yang dilakukan pada penelitian yang dapat membantu PT X dalam
mengolah data pelanggan.
Hasil dari penelitian adalah PT X perlu memfokuskan peningkatan hubungan
pelanggan pada 53 pelanggan dalam klaster Platinum yang mana merupakan most
valuable customer. Strategi pengelolaan pelanggan dirancang melalui metode
bauran pemasaran 4P, dengan strategi produk yang dapat dilakukan PT X adalah
melakukan fokus menawarkan pada produk yang sering dibeli oleh most valuable
customers, strategi lokasi yang disarankan adalah memprioritaskan most valuable
customers dalam radius 0-20 km dari PT X, strategi harga yang ditawarkan adalah
pemberian diskon berdasarkan tipe pelanggan, serta strategi promosi yang
digunakan adalah menggunakan WhatsApp business untuk menggunakan fitur
katalog dan lokasi, serta melakukan penjadwalan pesan agar most valuable
customers mendapatkan penawaran menyesuaikan dengan pola pembelian masing-
masing klaster. PT X juga dapat melakukan utilisasi sistem pengolahan data
pelanggan yang telah dirancang.