digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Menyikapi transformasi Telkom Group, PT. Telkomsel telah meluncurkan Telkomsel One sebagai produk utama Fixed Mobile Convergence (FMC). FMC adalah teknologi baru yang bertujuan untuk mengintegrasikan dan menciptakan infrastruktur komunikasi terpadu dari jaringan seluler tetap dan nirkabel. Telkomsel One menawarkan paket bundling yang mencakup internet rumah IndiHome, internet seluler Telkomsel, dan akses berbagai layanan digital. Paket ini dirancang untuk memberikan solusi konektivitas lengkap bagi pelanggan Telkomsel, baik di rumah maupun di luar rumah. Namun kinerja penjualan produk Telkomsel One di Jawa Barat belum sesuai ekspektasi dan menunjukkan tren penurunan. Kendala yang dirasakan oleh tim sales adalah belum jelasnya segmen dan target pasar yang harus ditawarkan serta pelanggan tidak tertarik dengan value yang ditawarkan Telkomsel One sehingga kurang tertarik untuk membeli atau puas dengan paket yang ada. Selain itu, produk pesaing FMC, XL Satu, menawarkan harga paket lebih murah dan kuota unlimited. Penelitian ini bertujuan untuk merancang usulan strategi bisnis dan pemasaran yang meliputi segmentasi, penargetan & positioning (STP) dan bauran pemasaran (7P) untuk Telkomsel One. Jenis penelitian ini menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 253 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari responden kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis cluster. Hasil penelitian berdasarkan analisis cluster menunjukkan bahwa terdapat tiga segmen berbeda dari Telkomsel One yaitu pengguna yaitu budget-conscious user, convenience seekers dan tech enthusiasts. Hasil analisis menjadi dasar strategi segmentasi, penargetan, dan positioning baru Telkomsel One. Strategi bauran pemasaran mencakup penyesuaian lini produk dan harga, melakukan beberapa promosi dan kemitraan strategis, menggunakan pendekatan omnichannel, pelatihan keterampilan frontliner, menyederhanakan proses dan mengintegrasikan IT Tools untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.