digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Isu Palestina-Israel menjadi perbincangan di berbagai belahan dunia dan memberikan dampak tertentu di beberapa aspek, peneliti secara khusus membahas mengenai gerakan boikot terhadap produk yang dikabarkan berhubungan dengan Israel. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling mempengaruhi Brand Image Rose All Day setelah merek ini terkena dampak dari isu pro-israel yang mengakibatkan tercorengnya citra Rose All Day di mata pelanggan. Penelitian ini memprediksi bahwa Electronic Word of Mouth, Online Community, Online Ads memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Brand Image. Peneliti juga memprediksi bahwa Social Media Activity memiliki pengaruh moderasi yang positif dan signifikan antara hubungan Electronic Word of Mouth, Komunitas Online dan Iklan Online dengan Brand Image. Peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisis data melalui kuesioner dengan 213 responden. Peneliti menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation (PLS-SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap Brand Image. Namun, Iklan Online dan Komunitas Online tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Social Media Activity tidak memiliki pengaruh moderasi yang signifikan antara hubungan Electronic Word of Mouth, Online Community dan Online Advertising dengan Brand Image. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam merumuskan strategi pemasaran dan pengembangan merek Rose All Day Cosmetic.