digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 SK PP Final Project_Adi Mahendra Wibowo_19221029
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Studi ini menyelidiki dampak perilaku dan persepsi konsumen terhadap niat pembelian layanan susu formula dari ASI yang disediakan oleh Mengasihi. Dengan pertumbuhan pesat penggunaan media sosial di Indonesia, terutama Instagram, bisnis menghadapi tantangan dan peluang baru dalam pemasaran digital. Mengasihi, sebuah perusahaan yang menawarkan layanan pengolahan ASI, saat ini mengalami tingkat konversi yang rendah meskipun memiliki tingkat keterlibatan yang tinggi di platform media sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci dalam perilaku dan persepsi konsumen yang memengaruhi niat pembelian ibu-ibu. Studi ini menggunakan pendekatan metode campuran, menggabungkan wawasan kualitatif dari wawancara awal dengan ibu-ibu dan analisis kuantitatif terhadap konten media sosial serta interaksi pengguna. Temuan menunjukkan bahwa preferensi konsumen, seperti video pendek yang informatif dan unggahan dengan teks minimal, secara signifikan meningkatkan keterlibatan pengguna dan niat pembelian. Preferensi untuk model lokal dan unggahan interaktif dengan hadiah juga menekankan pentingnya relevansi budaya dan keterlibatan pengguna dalam membentuk persepsi konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menyelaraskan konten Instagram dengan preferensi konsumen dan meningkatkan nilai yang dirasakan dari interaksi di media sosial, Mengasihi dapat meningkatkan tingkat konversinya dan mencapai arus kas yang lebih stabil. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, dengan menekankan pentingnya memahami perilaku konsumen dan memanfaatkan platform digital secara efektif untuk mendorong pertumbuhan bisnis.