Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Setura merupakan organisasi nirlaba yang berfokus pada kesehatan mental dan
pengembangan diri. Pada awalnya Setura berbentuk komunitas online yang dihadirkan
pada masa pandemi. Setelah pandemi mereda, Setura mengalami penurunan minat
anggota. Oleh karena itu, Setura mencoba melakukan perubahan proposisi nilai dengan
menambah saluran pendapatan dengan mendirikan unit bisnis agensi kreatif. Namun,
dalam prosesnya Setura mengalami beberapa masalah berupa ketidakfokusan arah dan
tujuan Setura, ketidakjelasan proposisi nilai, dan ketidakberlanjutan saluran pendapatan.
Agar dapat melakukan perubahan berupa monetisasi nilai sosial yang dimiliki Setura
sekaligus menyelesaikan tiga permasalahan tersebut, digunakan konsep hibridisasi
organisasi dengan pendekatan reinvensi model bisnis.
Proses monetisasi merupakan salah satu bentuk perubahan yang dilakukan oleh
organisasi. Sebelum melakukan perubahan, tahap entering and contracting akan
dilaksanakan untuk menggali komitmen dari pemangku kepentingan. Tahap selanjutnya
adalah diagnosing yang bertujuan untuk mengetahui kondisi Setura saat ini dan
menentukan nilai sosial apa saja yang dapat dimonetisasi. Hal ini dapat dicapai dengan
melakukan kategorisasi dahulu terhadap tingkatan monetisasi model bisnis Setura yang
dimiliki sebagai usaha sosial. Selanjutnya, dirumuskan kriteria transisi model bisnis yang
akan dituju pada tingkat monetisasi selanjutnya seperti perubahan yang hendak dilakukan
Setura di awal. Guna menjawab kriteria transisi tersebut, dirumuskan strategi pivot yang
berguna untuk mengubah suatu susunan pada model bisnis jika terjadi perubahan fokus
pada area strategis organisasi atau perusahaan. Perumusan strategi ini merupakan bagian
dari tahap planning and implementing change. Strategi pivot tersebut berangkat dari
analisis lingkungan eksternal dan internal organisasi dengan mempertimbangkan kriteria
transisi yang dituju.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah berupa hasil kategorisasi model bisnis
Setura terhadap tingkat monetisasi model bisnis usaha sosial, kriteria transisi yang perlu
dilakukan untuk berhasil melakukan monetisasi, serta rumusan strategi pivot untuk
menjawab transisi tersebut. Penelitian ini mengusulkan strategi pivot sesuai prioritas yaitu
kategori infrastruktur sistem bisnis untuk menentukan arah Setura, pelanggan untuk
memperjelas proposisi nilai, dan ekonomi untuk meningkatkan keberlanjutan pendapatan.