digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Setura merupakan organisasi nirlaba yang berfokus pada kesehatan mental dan pengembangan diri. Pada awalnya Setura berbentuk komunitas online yang dihadirkan pada masa pandemi. Setelah pandemi mereda, Setura mengalami penurunan minat anggota. Oleh karena itu, Setura mencoba melakukan perubahan proposisi nilai dengan menambah saluran pendapatan dengan mendirikan unit bisnis agensi kreatif. Namun, dalam prosesnya Setura mengalami beberapa masalah berupa ketidakfokusan arah dan tujuan Setura, ketidakjelasan proposisi nilai, dan ketidakberlanjutan saluran pendapatan. Agar dapat melakukan perubahan berupa monetisasi nilai sosial yang dimiliki Setura sekaligus menyelesaikan tiga permasalahan tersebut, digunakan konsep hibridisasi organisasi dengan pendekatan reinvensi model bisnis. Proses monetisasi merupakan salah satu bentuk perubahan yang dilakukan oleh organisasi. Sebelum melakukan perubahan, tahap entering and contracting akan dilaksanakan untuk menggali komitmen dari pemangku kepentingan. Tahap selanjutnya adalah diagnosing yang bertujuan untuk mengetahui kondisi Setura saat ini dan menentukan nilai sosial apa saja yang dapat dimonetisasi. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan kategorisasi dahulu terhadap tingkatan monetisasi model bisnis Setura yang dimiliki sebagai usaha sosial. Selanjutnya, dirumuskan kriteria transisi model bisnis yang akan dituju pada tingkat monetisasi selanjutnya seperti perubahan yang hendak dilakukan Setura di awal. Guna menjawab kriteria transisi tersebut, dirumuskan strategi pivot yang berguna untuk mengubah suatu susunan pada model bisnis jika terjadi perubahan fokus pada area strategis organisasi atau perusahaan. Perumusan strategi ini merupakan bagian dari tahap planning and implementing change. Strategi pivot tersebut berangkat dari analisis lingkungan eksternal dan internal organisasi dengan mempertimbangkan kriteria transisi yang dituju. Adapun hasil dari penelitian ini adalah berupa hasil kategorisasi model bisnis Setura terhadap tingkat monetisasi model bisnis usaha sosial, kriteria transisi yang perlu dilakukan untuk berhasil melakukan monetisasi, serta rumusan strategi pivot untuk menjawab transisi tersebut. Penelitian ini mengusulkan strategi pivot sesuai prioritas yaitu kategori infrastruktur sistem bisnis untuk menentukan arah Setura, pelanggan untuk memperjelas proposisi nilai, dan ekonomi untuk meningkatkan keberlanjutan pendapatan.