Pertumbuhan pasar mobil di Indonesia terus meningkat, terlihat dari penjualan mobil
domestik yang naik secara akumulatif 41% pada kuartal pertama dan kedua tahun 2022
menurut GAIKINDO. Kemajuan teknologi informasi memengaruhi cara konsumen membeli
mobil, dengan banyaknya dealer yang mulai menawarkan layanan daring seperti
menampilkan spesifikasi unit mobil di internet, pembelian melalui web, aplikasi, dan layanan
antar rumah. Hal ini dapat menggeser model bisnis konvensional dan perilaku konsumen
dalam keputusan pembelian mobil.
Studi ini bertujuan mengidentifikasi perilaku konsumen terhadap model bisnis digital dealer
seperti Carro Indonesia dan mencari posisi strategis untuk keunggulan kompetitif pada industi
otomotif khususnya jual dan beli mobil. Adapun analisis eksternal menggunakan PESTEL dan
5 kekuatan Porter, serta analisis internal menggunakan VRIO, kemudian untuk mnganalisis
baik internal maupun eksternal menggunakan SWOT. Metodologi penelitian mencakup metode
kualitatif dan kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner secara
online. Analisis data dilakukan menggunakan analisis konten dan proses Analytical Hierarchy
(AHP) dengan 4 kriteria dan 15 sub kriteria bertujuan menentukan faktor kritis adopsi perilaku
konsumen dalam membeli mobil.
Adapun pada produk-produk inovasi layanan yang dibuat oleh showroom dan dealer digital,
seperti layanan pada rumah dan pembelian maupun penjualan mobil secara online seharusnya
dapat dengan mudah menarik konsumen karena banyak benefit yang diberikan pada konsumen
Namun, hasil menunjukkan bahwa meski inovasi layanan digital menarik, banyak konsumen
masih lebih suka membeli mobil langsung di showroom atau dealer dengan cara konsvensional
karena alasan kepercayaan, pengalaman pengguna, biaya tambahan, dan tawaran menarik di
showroom. Studi ini mengindikasikan perlunya penilaian terhadao prilaku konsumen terhadap
inovasi layanan digital dalam industri jual beli mobil, sehingga perusahaan dapat
meningkatkan adopsi layanan online sesuai dengan kebutuhan pasar.