2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Abstract
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - List of Contents
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - References
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Felicia Fajr Aulianur [19021163] - Full Text
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
E-commerce memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja kapan saja dan dimana saja. Selain itu, pengalaman berbelanja yang interaktif dan personal kini dapat dirasakan melalui inovasi terbaru dalam e-commerce, yaitu live streaming. E-commerce live streaming memungkinkan interaksi langsung antara konsumen dengan penjual secara real-time. Pendekatan ini menggabungkan interaksi, personalisasi, dan kenyamanan yang sangat disukai oleh konsumen di Indonesia. Salah satu faktor utama dalam pemilihan platform live streaming adalah penawaran promosi yang disediakan, karena sebagian besar perilaku belanja didorong oleh penawaran yang menarik. Selain promosi, kehadiran host dan interaktivitas mereka juga berperan penting dalam sesi live streaming. Kemampuan host untuk berinteraksi dengan penonton, menyajikan konten informatif, dan memberikan rekomendasi personal efektif meningkatkan keterlibatan dan niat pembelian konsumen. Namun, masih banyak bisnis, terutama UMKM, mengalami kerugian akibat strategi host dan promosi yang tidak efektif dalam menarik perhatian konsumen selama sesi live streaming. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk memberikan wawasan kepada para penjual dan host tentang cara mengoptimalkan strategi dalam mendorong penjualan melalui live streaming. Studi ini fokus menganalisis gender host, interaktivitas host, dan promosi mana yang lebih efektif dalam mendorong keterlibatan konsumen dan niat pembelian. Penelitian ini mengkaji 864 sesi live streaming dari tiga platform e-commerce live streaming yang paling banyak digunakan di Indonesia: Shopee Live, TikTok Live, dan Tokopedia Play. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode observasional. Data dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Chi-Square, Uji Post Hoc, dan Analisis Korelasi melalui SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa interaktivitas host dan promosi secara signifikan berhubungan dengan keterlibatan konsumen dan niat pembelian, sementara gender host tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Selain itu, host perempuan, responsivitas dalam interaktivitas, dan flash sale sebagai strategi promosi tampak lebih efektif dalam mencapai keterlibatan konsumen dan niat pembelian yang lebih tinggi dibandingkan lainnya di seluruh platform e-commerce live streaming. Shopee Live juga muncul sebagai platform yang menghasilkan keterlibatan konsumen dan niat pembelian tertinggi dibandingkan platform lainnya. Analisis korelasi mengungkapkan hubungan positif yang kuat antara keterlibatan konsumen dan niat pembelian, menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan konsumen yang lebih tinggi berkaitan dengan niat pembelian yang lebih tinggi. Temuan ini menyoroti pentingnya strategi host dan promosi yang menarik dalam live streaming untuk memaksimalkan keterlibatan konsumen dan niat pembelian dalam e-commerce live streaming.