digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Irhamna Jyota Acintya
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Studi ini meneliti faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian produk teh racikan artisan melalui platform e-commerce. Meningkatnya e- commerce dan permintaan produk premium telah menciptakan segmen pasar baru untuk teh racikan artisan di Indonesia, sedangkan teh umumnya dianggap sebagai minuman murah karena pasar jenuh dengan produk-produk berkualitas rendah. Tantangannya adalah memahami pendorong niat pembelian di ceruk pasar ini, terutama dengan mempertimbangkan faktor budaya dan perilaku yang sering dikaitkan dengan konsumsi teh. Penelitian ini mengkaji peran karakteristik pribadi, persepsi budaya, dukungan kepercayaan, kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, dan preferensi belanja daring terhadap niat pembelian e-commerce dengan menerapkan metode kuantitatif dan instrumen penelitian kuesioner. Hasil dari Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS- SEM) menunjukkan bahwa persepsi budaya, karakteristik pribadi, dan dukungan kepercayaan memainkan peran penting dalam mendorong niat pembelian, sementara kegunaan yang dirasakan dan preferensi belanja daring memiliki dampak yang minimal. Penelitian ini mengonfirmasi validitas dan reliabilitas indikator yang digunakan, yang menunjukkan bahwa 87,4% dari variasi niat pembelian dapat dijelaskan oleh faktor-faktor ini. Studi ini menunjukkan bahwa untuk produk seperti teh racikan artisan, yang lebih dilihat sebagai produk budaya daripada barang konsumsi yang bergerak cepat, strategi pasar daring harus memprioritaskan pengintegrasian aspek budaya, membangun kepercayaan, dan memahami karakteristik konsumen untuk meningkatkan keterlibatan dan keputusan pembelian. Temuan studi ini memberikan kontribusi berharga bagi penelitian akademis dan penerapan praktis strategi e-commerce untuk produk teh racikan artisan. Dengan memanfaatkan wawasan berharga ini, model bisnis untuk Harumoni diusulkan, yang ditujukan untuk mendorong keterlibatan pelanggan, membangun keunggulan kompetitif, dan meningkatkan penjualan untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang.