![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
![](https://digilib.itb.ac.id/assets/icon/pdf.gif)
Penelitian ini berfokus pada analisis pengaruh langsung dan tidak langsung
berbagai strategi pemasaran terhadap retensi pelanggan, dengan penekanan
khusus pada peran nilai yang dipersepsikan sebagai mediator. Untuk mencapai
tujuan penelitian, desain penelitian kuantitatif diadopsi untuk mengumpulkan
data dan menangkap umpan balik pelanggan secara efektif, dengan pendekatan
deskriptif untuk menjelaskan setiap hipotesis dan implikasinya secara rinci.
Sebanyak 250 kuesioner yang valid diterima sebagai tanggapan peserta survei
untuk analisis data. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah bahwa nilai yang
dipersepsikan memiliki hubungan positif dan pengaruh yang signifikan terhadap
kepercayaan; nilai yang dipersepsikan tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Nors Studio; kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap Retensi Pelanggan; kepercayaan sepenuhnya memediasi nilai yang
dipersepsikan terhadap retensi pelanggan. Implikasi manajerial berdasarkan
hasil ini adalah menciptakan lebih banyak layanan dan mendidik pelanggan
tentang penawaran layanan dibandingkan dengan pesaing, meningkatkan
layanan dengan menerapkan sistem komputerisasi untuk mengurangi kesalahan,
pelatihan karyawan, dan mengusulkan program seperti diskon tunai atau produk
bonus untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.