Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bandoengsche Melk Centrale (BMC) merupakan bisnis makanan dan minuman milik
BUMD Jawa Barat. Produk utama BMC adalah susu dan yoghurt yang dipasarkan
sejak tahun 1928. Namun, penjualan produk tersebut masih belum mencapai target
yang diharapkan di tahun 2023 dan 2024. Manager BMC mengungkapkan bahwa hal
tersebut disebabkan susu dan yoghurt BMC sulit memasuki pasar bisnis. BMC
menggunakan strategi pemasaran yang sama untuk seluruh produknya yang memiliki
umur berbeda. Hal ini menjadi kurang optimal karena produk yang berada pada tahap
siklus hidup produk berbeda memiliki karakteristik berbeda. Oleh sebab itu, akan
dilakukan perancangan strategi pemasaran untuk produk susu dan yoghurt BMC
berdasarkan tahapan siklus hidup produk.
Penelitian diawali dengan melakukan identifikasi segmentasi dan target pasar.
Penelitian dilanjutkan dengan identifikasi tahap siklus hidup produk yang terdiri dari
introduction, growth, maturity, dan decline untuk produk susu dan yoghurt BMC.
Identifikasi dilakukan melalui studi dokumentasi, wawancara, dan analytical
hierarchy process (AHP). Hasil identifikasi memperoleh tahap siklus hidup paling
sesuai adalah decline. Selanjutnya, diidentifikasi strategi pemasaran existing BMC
berdasarkan elemen bauran pemasaran, yaitu product, price, channel distribution,
advertising, dan sales promotion. Hasil identifikasi strategi existing dievaluasi
kesesuaiannya dengan strategi pemasaran berdasarkan siklus hidup produk
menggunakan gap analysis. Dengan riset pasar eksploratif, dilakukan pula identifikasi
kebutuhan pasar bisnis berdasarkan faktor pendorong pembelian pada pasar bisnis,
yaitu environmental, organizational, interpersonal, dan individual. Environmental
factor akan terbagi menjadi dua, yaitu marketing stimuli dan other stimuli. Proses
dilanjutkan dengan menentukan alternatif strategi untuk menjawab voice of customer
dan menyeleksi alternatif menggunakan ICE scoring model.
Berdasarkan hasil gap analysis, masih ditemukan gap pada strategi pemasaran existing
aspek product dan price yang belum sesuai dengan strategi pada tahap decline. BMC
disarankan untuk menghapus produk susu dan yoghurt botol 1 liter dan menurunkan
harga susu untuk memaksimalkan potensi tahap decline. BMC juga disarankan untuk
melakukan repositioning dan promosi dengan kuat untuk kembali ke tahap growth.
Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan pasar bisnis, BMC disarankan untuk
meningkatkan kualitas produk dan layanan pengiriman, menerapkan customer-
segmented pricing, mempromosikan produk dengan website, dan menawarkan sampel
produk.