Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Siaran langsung menjadi salah satu layanan yang berkembang pada media sosial.
Layanan ini dapat memungkinkan pengguna dengan pengikutnya untuk saling
berinteraksi secara real time melalui video. Siaran langsung sudah banyak tersedia di
media sosial, seperti Instagram, Youtube, dan TikTok. Berdasarkan survei yang
dilakukan oleh USA Today pada tahun 2021, 548 miliar jam dihabiskan di TikTok
sehingga TikTok menjadi platform unggulan pada saat itu. Dibandingkan dengan
media sosial lain, TikTok memiliki fitur pemberian gift saat siaran langsung yang
menarik minat pengguna. Gift tersebut memiliki banyak jenisnya yang mengadopsi
bentuk objek di dunia nyata yang merangsang emosi positif dalam berinteraksi. Hal
tersebut menjadi gap dalam pengalaman berinteraksi di media sosial yang tidak
dimiliki oleh media sosial lainnya. Adanya gap yang menjadi permasalahan dalam
tugas akhir ini akan diteliti, terkait desain interaksi pemberian gift terhadap
pengalaman pengguna saat siaran langsung di media sosial. Penelitian ini
menghasilkan rancangan high-fidelity dari desain interaksi fitur pemberian gift saat
siaran langsung. Selain itu, adanya konsep menghidupkan objek dalam desain interaksi
dapat dilakukan dengan teori anthropomorphism pada desain. Proses perancangan
menggunakan metodologi user-centered design dengan standar internasional ISO
9241-210:2010 yang berfokus kepada pengguna dalam keinginan berinteraksi di siaran
langsung menggunakan fitur pemberian gift. Perancangan desain interaksi
menggunakan TikTok sebagai model konseptual yang diriset dan dievaluasi terlebih
dahulu untuk menghasilkan desain interaksi dengan anthropomorphism pada fitur
pemberian gift. Dengan begitu, hasil dari perancangan ini diharapkan dapat
meningkatkan user interaction dalam berinteraksi saat siaran langsung di media sosial