digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Siaran langsung menjadi salah satu layanan yang berkembang pada media sosial. Layanan ini dapat memungkinkan pengguna dengan pengikutnya untuk saling berinteraksi secara real time melalui video. Siaran langsung sudah banyak tersedia di media sosial, seperti Instagram, Youtube, dan TikTok. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh USA Today pada tahun 2021, 548 miliar jam dihabiskan di TikTok sehingga TikTok menjadi platform unggulan pada saat itu. Dibandingkan dengan media sosial lain, TikTok memiliki fitur pemberian gift saat siaran langsung yang menarik minat pengguna. Gift tersebut memiliki banyak jenisnya yang mengadopsi bentuk objek di dunia nyata yang merangsang emosi positif dalam berinteraksi. Hal tersebut menjadi gap dalam pengalaman berinteraksi di media sosial yang tidak dimiliki oleh media sosial lainnya. Adanya gap yang menjadi permasalahan dalam tugas akhir ini akan diteliti, terkait desain interaksi pemberian gift terhadap pengalaman pengguna saat siaran langsung di media sosial. Penelitian ini menghasilkan rancangan high-fidelity dari desain interaksi fitur pemberian gift saat siaran langsung. Selain itu, adanya konsep menghidupkan objek dalam desain interaksi dapat dilakukan dengan teori anthropomorphism pada desain. Proses perancangan menggunakan metodologi user-centered design dengan standar internasional ISO 9241-210:2010 yang berfokus kepada pengguna dalam keinginan berinteraksi di siaran langsung menggunakan fitur pemberian gift. Perancangan desain interaksi menggunakan TikTok sebagai model konseptual yang diriset dan dievaluasi terlebih dahulu untuk menghasilkan desain interaksi dengan anthropomorphism pada fitur pemberian gift. Dengan begitu, hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan user interaction dalam berinteraksi saat siaran langsung di media sosial