digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi telah menciptakan nilai dan cara baru dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan teknologi berbasis digital dan jaringan dioptimalkan di berbagai aspek masyarakat, termasuk dalam pendidikan. Pendidikan tinggi, khususnya di bidang Desain Komunikasi Visual di Indonesia, mengalami perubahan signifikan dengan penerapan teknologi ini. Proses pembelajaran tidak luput dari penggunaan alat digital dan juga proses merancang yang beralih ke bentuk simulasi dan ruang virtual. Teknologi jejaring digunakan untuk mentransfer pengetahuan, mengoptimalkan pemahaman, dan mendukung pengalaman belajar serta hasil karya. Metode pembelajaran daring ini sangat bergantung pada konten visual dan interaksi digital, sehingga literasi visual dan media sangat mempengaruhi pengalaman pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literasi visual, interaksi, dan pemahaman nilai budaya dalam fenomena pembelajaran daring di perguruan tinggi bidang desain komunikasi visual di Indonesia, yang pada dasarnya menggunakan metode berbasis studio. Yaitu metode yang mengutamakan tahapan perancangan dengan pengalaman langsung, arahan pengajar, dan kolaborasi antar individu dalam ruang studio. Dengan menerapkan teori dalam bidang komunikasi, media dan juga budaya, penelitian diharapakan dapat mengkaji permasalahan dari sudut pandang interdisiplin. Penelitian ini merupakan riset kualitatif dengan pendekatan interdisiplin untuk mengkaji konsep virtualitas dalam konteks pembelajaran modern. Etnografi virtual digunakan untuk meneliti literasi visual, interaksi antar aspek dalam ruang virtual dan proses perancangan dalam konteks daring. Studi kasus dilakukan pada program studi desain komunikasi visual di perguruan tinggi bidang seni rupa dan desain di Indonesia. Penelitian ini mengasumsikan bahwa situasi belajar yang dimediasi oleh teknologi dalam ruang maya mengubah proses berkarya mahasiswa melalui persepsi dan kemampuan interpretasi mereka. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pemahaman budaya siber dalam konteks pendidikan desain, pemahaman konsep virtualitas dalam ruang studio, dan penerapan pembelajaran hybrid di pendidikan tinggi bidang desain komunikasi visual di masa depan