2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Abstract
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - List of Contents
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - References
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Jonathan Ivan Wijaya [19021156] - Full Text
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Generasi Z merupakan generasi yang sangat tidak mudah percaya terhadap informasi mengenai suatu produk yang diberikan oleh suatu merek dan mereka ini memerlukan verifikasi lebih lanjut mengenai informasi tersebut melalui berbagai video ulasan produk di YouTube. Namun, banyak pemasar yang perlu memahami pengaruh dan berbagai faktor yang berperan dalam suatu video ulasan produk serta kanal YouTube yang seperti apa yang dapat membuat Generasi Z ini menerima, mengadopsi, dan mengikuti informasi (saran/rekomendasi) yang diberikan. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mencari tahu pengaruh maupun peran dari kualitas argumen pada video ulasan produk dan kredibilitas sumber dari para YouTuber pada kanal tertentu terhadap persepsi kegunaan informasi, adopsi informasi, dan niat beli dari Generasi Z di Indonesia, khususnya di industri teknologi (gadget). Peneliti akan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei (kuisioner). Sebanyak 267 responden yang valid yang mengisi kuisioner ini dengan kriteria yaitu Generasi Z di Indonesia yang pernah menonton video ulasan produk gadget di kanal Jagat Review di YouTube (khususnya dalam 3 bulan terakhir). Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa kualitas argumen dalam video ulasan produk gadget dan kredibilitas sumber dari para YouTuber teknologi pada kanal tertentu memiliki pengaruh yang besar terhadap persepsi kegunaan dan adopsi informasi dari Generasi Z di Indonesia, khususnya yang berdomisili di daerah Pulau Jawa. Dengan adanya persepsi kegunaan dan adopsi informasi yang baik, akan dengan mudah meningkatkan niat beli dari Generasi Z di Indonesia terhadap produk gadget yang diulas. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan untuk para pemasar untuk dapat memahami pentingnya kualitas argumen dan kredibilitas sumber ini dalam video ulasan produk gadget serta berkolaborasi dengan kanal YouTube teknologi untuk mengulas dan mempromosikan produk gadget dari perusahaan mereka agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari Generasi Z di Indonesia. Selain itu, peneliti juga memiliki saran untuk kanal YouTube dari Jagat Review agar meningkatkan kembali keterlibatan para penontonnya agar lebih banyak dari mereka ingin menerima, mengadopsi, dan mengikuti berbagai saran/rekomendasi yang diberikan.