digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Layanan telepon internet mengalami perkembangan pesat saat ini. Akan tetapi, internet tidak diciptakan untuk aplikasi yang sensitif terhadap waktu tunda (delay), seperti telepon internet. Akibatnya, kualitas panggilan telepon internet bisa menjadi buruk akibat internet yang bersifat best effort. Di dalam penelitian ini, penulis kajian tentang kinerja jaringan telepon internet dengan parameter-parameter kualitas layanan yang sudah ditentukan dan mengukur nilai kualitas layanannya. Contoh parameter kualitas layanan adalah waktu tunda (delay), paket hilang (paket loss), dan variasi waktu tunda (jitter). Selain itu, penulis menunjukkan bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas panggilan telepon internet dengan metoda Differentiated Services (diffserv). Hasil dari penelitian adalah nilai perbandingan kualitas panggilan telepon internet dengan parameter kualitas layanan yang berubah-ubah. Dan juga, metoda Differentiated Services (diffserv) merupakan metoda yang mampu memberikan kualitas panggilan telepon internet lebih baik.