digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 1 Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 2 Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 3 Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 4 Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 5 Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

BAB 6 Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

PUSTAKA Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

LAMPIRAN Almaira Asyafa
Terbatas Open In Flip Book Yoninur Almira
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Ruang ketiga adalah ruang yang terbentuk dari interaksi sosial yang terjadi secara spontan. Kampus merupakan salah satu tempat yang berpotensi sebagai tempat bertumbuhnya ruang ketiga. Keberadaan ruang ketiga di kampus dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk bertukar informasi dan wadah untuk berinteraksi dengan siapa saja. Di sisi lain, ruang ketiga identik sebagai isu sosial dari keterbatasan ruang sehingga keberadaan ruang ketiga perlu diidentifikasi untuk menghindari dampak negatif yang mungkin akan muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi keberadaan ruang ketiga sebagai ruang interaksi sosial di kampus ITB Jatinangor. Untuk mencapai tujuan tersebut, ruang ketiga diidentifikasi melalui metode analisis kualitatif. Analisis dilakukan berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan untuk kemudian diidentifikasi ruang ketiga apa saja yang dipilih oleh mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ruang ketiga di Kampus ITB Jatinangor. Pihak kampus juga sudah menyediakan ruang-ruang bagi mahasiswa untuk dapat berkumpul, beristirahat, maupun belajar di sela-sela perkuliahan. Ruang ketiga di kampus memiliki ciri khasnya tersendiri, yaitu kegiatan di dalamnya serta adanya ruang tersebut berhubungan erat dengan fungsi kampus sebagai tempat belajar mengajar.