digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Di era digital yang berkembang pesat, perubahan teknologi informasi telah menjadi hal yang tidak terhindarkan. Organisasi di berbagai sektor harus cepat beradaptasi untuk memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan yang muncul akibat perubahan. Oleh karena itu, manajemen perubahan menjadi elemen penting dalam menghadapi perubahan ini dengan sukses. DTI (Direktorat Teknologi Informasi) ITB adalah organisasi yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan penyediaan layanan TI untuk mendukung kegiatan akademik dan administratif di ITB. Saat ini DTI sudah memiliki manajemen perubahan, namun manajemen perubahan yang ada belum sepenuhnya sesuai dengan standar ITIL. Tujuan utama dari penelitian tugas akhir ini adalah membuat usulan manajemen perubahan pada DTI ITB sesuai dengan kebutuhan DTI dan kerangka kerja ITIL. Perancangan manajemen perubahan mengacu pada ITIL yang merupakan praktik terbaik dalam pengelolaan layanan. Rancangan manajemen perubahan yang diusulkan mencakup Standard Operating Procedure (SOP), formulir Request of Change, dokumen Change Record, dan KPI yang dapat digunakan DTI dalam menjalankan manajemen perubahan. Pada tahap evaluasi, hasil rancangan manajemen perubahan baru dibandingkan dengan penilaian kapabilitas awal dari sistem manajemen yang sekarang diterapkan untuk memberikan kesimpulan bahwa rancangan telah menjembatani perbedaan yang ada. Selain itu, dilakukan penilaian oleh pihak DTI untuk memastikan rancangan yang diusulkan sesuai dengan kebutuhan DTI.