digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Sefira Amadea Hawatie [17220004]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Indonesia, dengan kekayaan budaya dari berbagai provinsi, etnik, dan ras, memiliki beragam cerita rakyat yang diwariskan turun-temurun, mencerminkan identitas dan sejarah setiap daerah. Cerita rakyat seperti Malin Kundang dari Sumatra Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, dan Roro Jonggrang dari Jawa Tengah, tidak hanya mengandung nilai sejarah, tetapi juga berfungsi sebagai sarana pendidikan moral bagi anak-anak. Namun, di era digital ini, minat terhadap cerita rakyat mulai berkurang. Untuk itu, diperlukan metode penyampaian yang inovatif dan menarik, salah satunya melalui media visual yang sering diakses anak-anak, seperti loker sekolah. Loker, sebagai tempat penyimpanan barang pribadi di sekolah, dapat diubah menjadi media pembelajaran yang menarik melalui dekorasi kenop berbahan keramik yang mengilustrasikan cerita rakyat. Implementasi visual ini diharapkan dapat meningkatkan daya ingat dan minat anak-anak terhadap cerita rakyat. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendesain dan membuat serangkaian kenop keramik bertema cerita rakyat yang dapat dipasang pada loker sekolah, sehingga membantu mengembangkan kecerdasan visual dan imajinasi anak-anak. Melalui karya ini, diharapkan cerita rakyat Indonesia tetap hidup dan relevan dalam pendidikan anakanak di era modern.