digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Selaras Outdoor adalah restoran berbasis keluarga yang didirikan di Ciamis pada tahun 2021. Bisnis F&B yang dijual di sana menjual harga yang terjangkau dengan berbagai produk makanan baik Sunda maupun western. Lokasi Selaras Outdoor terfokus pada alam seolah menikmati makan di dalam hutan privat kecil dengan suara alam dari sungai mengalir. Mengetahui semakin marak restoran/kafe baru dengan tema outdoor, Selaras Outdoor menghadapi permasalahan bisnis yang terjadi diantaranya ialah pendapatan penjualan yang terus turun. Jumlah pengunjung yang datang semakin lama berkurang dikarenakan kebiasaan warga Ciamis dan Tasikmalaya yang akan berkunjung ketika lokasi restoran maupun kafe baru dibuka. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk dapat meningkatkan pendapatan yang berawal dari kepuasan pelanggan. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran terbaik untuk membuat jalan agar pendapatan meningkat. Oleh karena itu, studi penelitian akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami Selaras Outdoor. Eksplorasi bisnis Selaras Outdoor akan dikembangkan berdasarkan analisis eksternal (PESTEL, Porter’s Five Forces, kostumer, dan kompetitor) dan internal (VRIO, STP, dan Service Marketing Mix). Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder dilakukan untuk memperkuat landasan teori dari setiap variable yang diteliti serta analisis eksternal dan internal pada penelitian ini.
PUBLIC Yose Ali Rahman

Selaras Outdoor adalah restoran berbasis keluarga yang didirikan di Ciamis pada tahun 2021. Bisnis F&B yang dijual di sana menjual harga yang terjangkau dengan berbagai produk makanan baik Sunda maupun western. Lokasi Selaras Outdoor terfokus pada alam seolah menikmati makan di dalam hutan privat kecil dengan suara alam dari sungai mengalir. Mengetahui semakin marak restoran/kafe baru dengan tema outdoor, Selaras Outdoor menghadapi permasalahan bisnis yang terjadi diantaranya ialah pendapatan penjualan yang terus turun. Jumlah pengunjung yang datang semakin lama berkurang dikarenakan kebiasaan warga Ciamis dan Tasikmalaya yang akan berkunjung ketika lokasi restoran maupun kafe baru dibuka. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk dapat meningkatkan pendapatan yang berawal dari kepuasan pelanggan. Temuan dari penelitian ini akan digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran terbaik untuk membuat jalan agar pendapatan meningkat. Oleh karena itu, studi penelitian akan dilakukan untuk mengatasi masalah yang dialami Selaras Outdoor. Eksplorasi bisnis Selaras Outdoor akan dikembangkan berdasarkan analisis eksternal (PESTEL, Porter’s Five Forces, kostumer, dan kompetitor) dan internal (VRIO, STP, dan Service Marketing Mix). Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Data primer akan dikumpulkan melalui wawancara dan observasi sedangkan data sekunder dilakukan untuk memperkuat landasan teori dari setiap variable yang diteliti serta analisis eksternal dan internal pada penelitian ini. Dengan menggunakan triangulasi koleksi data terhadap apa yang telah didapatkan dari pelanggan yang telah mengunjungi Selaras Outdoor serta sumber berita terbaru mengenai restoran outdoor, diperoleh hasil bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap Selaras Outdoor. Berdasarkan analisis eksternal dan internal, peneliti melakukann analisis SWOT dan mengidentifikasi akar permasalahan. Dari sana berkembang menjadi beberapa strategi yang digabungkan secara bersama menghasilkan dua strategi. Peneliti merekomendasikan satu strategi terbaik dengan kelemahan yang bisa diatasi untuk mengatasi akar permasalahan.