digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK JANICE NOVI PRASETYO
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

Bab II
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

Bab III
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN
Terbatas  Rina Kania
» Gedung UPT Perpustakaan

Pada lingkungan perumahan, kualitas akustik merupakan salah satu aspek penting yang dapat memengaruhi kenyamanan penghuni. Oleh karena itu, perumahan diharapkan memiliki kualitas akustik yang baik, yang pada kenyataannya tidak demikian. Hal ini disebabkan oleh kebisingan lalu lintas yang didominasi oleh suara kendaraan bermesin bakar atau internal combustion engine vehicle (ICEV). Selain mengurangi polusi udara akibat emisi yang dihasilkan ICEV, perkembangan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) juga mengurangi polusi suara. Untuk mengetahui seperti apa perubahan kondisi soundscape pada lingkungan perumahan di Indonesia dan bagaimana dampaknya terhadap persepsi masyarakat, dilakukan penelitian yang menggunakan eksperimen laboratorium berupa simulator soundscape dan uji persepsi. Simulator soundscape yang dibuat tersusun dari antarmuka simulator yang dibuat dengan Pure Data, perangkat lunak Reaper, LoopMIDI, dan delapan buah speaker. Responden diminta untuk membuat tiga komposisi soundscape pada lingkungan perumahan masing-masing, yaitu satu komposisi aktual dan dua komposisi ideal dengan tipe kendaraan ICE dan EV dan menilai masing-masing komposisi tersebut. Data level suara dan hasil uji persepsi yang didapat menunjukkan kondisi soundscape aktual lingkungan perumahan yang didominasi oleh suara aktivitas manusia dan kendaraan, serta memiliki level suara yang tinggi. Pada soundscape ideal ICEV, terjadi penurunan penggunaan komponen suara klakson dan knalpot dan penurunan level suara keseluruhan. Soundscape ideal EV menunjukkan hasil mirip dengan ideal ICEV, tetapi mengalami peningkatan penggunaan dan kenaikan level suara kendaraan karena faktor keamanan EV yang memiliki suara yang lebih halus. Penurunan level suara pada aktivitas manusia dan kendaraan menghasilkan perasaan menyenangkan pada persepsi masyarakat, tetapi EV dengan level tinggi tidak menimbulkan perasaan mengganggu. Suara alam merupakan suara yang paling disukai pada semua soundscape dan suara kendaraan merupakan suara yang paling tidak disukai pada soundscape aktual dan ideal ICEV, tetapi pada soundscape ideal EV suara yang paling tidak disukai adalah suara aktivitas manusia. Kata kunci: soundscape, perumahan, kendaraan listrik, simulator, persepsi