Dalam pembangunan jalan Tol Manado-Bitung, terdapat kendala berupa lembah
sedalam kurang lebih 55 meter dari elevasi rencana. Oleh karena itu, dibutuhkan
sebuah jembatan yang dapat menghubungkan jurang tersebut. Pada tugas akhir
desain ini, penulis akan melakukan perancangan jembatan pada lokasi tersebut.
Berdasarkan kondisi geografis, dibutuhkan pilar tinggi untuk menahan struktur
jembatan. Pilar yang digunakan pada Jembatan Pinokalan mencapai tinggi 41
meter, sehingga deformasi lateral yang dapat terjadi pada kondisi gempa akan
sangat besar sehingga jika menggunakan sistem tumpuan sederhana menjadi kurang
layak secara teknis. Apabila menggunakan sistem tumpuan sederhana, maka
diperlukan sistem bearing yang mempunyai kekakuan tinggi. Oleh karena itu,
digunakan sistem jembatan girder menerus namun tetap menggunakan PCI girder.
Selain itu, lokasi jembatan berada di Kategori Desain Seismik (KDS) D sehingga
penulis juga melakukan analisis pushover untuk mendesain pilar jembatan.
Kata kunci: Analisis Pushover, Beton Prategang, Jembatan Girder Menerus,
Jembatan Jalan Tol, Sendi Plastis