Penelitian ini mengeksplorasi hubungan dan pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu faktor individu, psikologi dan pengetahuan produk terhadap niat pembelian, kesediaan membayar dan memilih model keuntungan atau penentuan harga selain berlangganan pada penggunan non berbayar Tempo digital. Hubungan antar variabel tersebut diukur menggunakan survei konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran, kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sementara pendekatan kualitatif dilakukan dengan wawancara dan observasi. Sampel penelitian sebanyak 200 orang, yang merupakan pembaca non berbayar Tempo. Kuesioner diberikan secara acak kepada responden yang mengakses tautan survey.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan (faktor individu); sumber informasi, tipe pembaca, pendorong membeli berita, penolak membeli berita (faktor psikologi); pengetahuan pelanggan tentang berita berbayar Tempo, pengalaman pelanggan terhadap produk berbayar, dan akses pelanggan terhadap berita berbayar (faktor pengetahuan produk) secara statistik signifikan sebagai prediktor niat membeli. Adapun pendorong membeli berita (psikologi); pengetahuan pelanggan tentang berita berbayar Tempo, pengalaman pelanggan terhadap produk berbayar, pengetahuan terhadap tipe pembayaran, dan keakraban dengan jenis harga (product knowledge) secara statistik signifikan sebagai prediktor kesediaan membayar. Sementara faktor pendidikan dan pekerjaan (individu), pentingnya berita (psikologi), dan keakraban dengan jenis penetapan harga (product knowledge) secara statistik signifikan sebagai prediktor pilihan profit model.