ABSTRAK Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
DAFTAR PUSTAKA Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN Dhafa Ibnu Arif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Kursi roda manual merupakan solusi untuk membantu penyandang disabilitas. Namun, kursi roda manual belum mampu memberikan kemandirian mobilitas secara penuh. Solusi alternatif yang juga sudah tersedia adalah kursi roda elektrik. Namun, di Indonesia, harga kursi roda elektrik sangat mahal. Hal ini disebabkan karena komponen kursi roda elektrik yang belum spenuhnya buatan dalam negeri, seperti salah satunya adalah kontroler. Maka dari itu, diperlukan kursi roda elektrik yang lebih terjangkau. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah komponen dalam negeri dengan melakukan perancangan dan pembuatan kontroler motor listrik untuk kursi roda elektrik.
Penelitian ini melakukan rancang bangun sistem kendali motor BLDC 36 volt 350 watt dengan fokus utama adalah pembuatan kontroler serta pengujian sistem kendali kecepatan untuk mendapatkan strategi kendali terbaik. Dalam perancangan kontroler, mikrokntroler STM32-BluePill, MOSFET IRFS7530, dan driver DRV8302 dipilih sebagai komponen utama kontroler. Dari hasil prancangan dan pembuatan kontroler, didapatkan biaya produksi kontroler sebesar Rp580.000. Kemudian, sistem kendali kecepatan dirancang menggunakan metode kendali field-oriented control estimasi arus dengan strategi kendali PID.
Berdasarkan hasil penilitian ini, kontroler motor BLDC untuk kursi roda elektrik berhasil dirancang, diuji, dan diimplementasikan sesuai syarat dan tujuan perancangan. Kemudian, berdasarkan hasil pengujian sistem kendali, diperolah bahwa strategi kendali PID merupakan strategi terbaik untuk digunakan dalam sistem kendali motor BLDC untuk kursi roda elektrik.