digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Reka Ardi Prayoga
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Kini banyak produsen otomotif jenis mobil mengembangkan sistem power steering yang berbasis elektrik yang kompak dan efisien dalam penggunaan energinya. Selain itu, saat ini sudah mulai berkembang penggunaan motor BLDC 3 fasa sebagai penghasil energi gerak power steering. Motor BLDC 3 fasa memang dinilai lebih efisien dan kompak untuk daya yang sama dibandingkan dengan motor satu fasa, namun belum banyak yang mengimplementasikannya ke dalam sistem power steering karena belum berkembangluasnya komponen pengendali motor 3 fasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem power steering berbasis motor BLDC 3 fasa dan untuk membuat ECU (Electronic Component Unit) sistem steeringnya. Langkah-langkah yang dilakukan adalah menyiapkan program pembaca sensor torsi, merancang driver dan sistem kontrol motor BLDC 3 fasa, serta menguji performa sistem steering berbasis Arduino yang dibuat. Sistem power steering elektrik yang dibuat kemudian diuji performanya dengan melihat respon sistem terhadap sinyal dari sensor torsi. Hasil pengujian tersebut memberikan informasi bahwa motor BLDC mampu berputar sesuai dengan arah yang dapat dikendalikan dan dengan respon yang cepat.