digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK BO Sengtin
PUBLIC Alice Diniarti

Pengembangan sistem stabilisasi longitudinal dan kendali autopilot untuk pesawat fixed wing dibahas dalam tesis ini. Model dinamika penerbangan dari pesawat fixed wing dibangun dan kemudian digunakan sebagai dasar untuk mendesain sistem kendali. Model pesawat, yang kemudian diintegrasikan dengan sistem kendali menjadi sistem loop tertutup, kemudian disimulasikan secara numerik menggunakan MATLAB dan SIMULINK, untuk keperluan analisis desain kendali. Sistem stabilisasi longitudinal dirancang menggunakan pendekatan pole placement dengan umpan balik variabel model linier, yang dihitung berdasarkan model linier dari model dinamik pesawat. Matriks gain umpan balik dihitung untuk beberapa kondisi penerbangan sehingga sistem loop tertutup akan memiliki karakteristik stabilitas yang lebih baik pada titik operasi tersebut. Untuk lingkar luar, sistem kendali kecepatan, kendali sudut tanjak terbang, dan kendali ketinggian dikembangkan untuk pesawat, sehingga dapat mempertahankan variabel penerbangan pesawat (kecepatan, sudut tanjak terbang, dan ketinggian) selama beberapa fase penerbangan. Kendali umpan balik lingkar luar yang digunakan dikembangkan menggunakan skema PID. Dari hasil simulasi, sistem kendali yang dirancang dapat melakukan tugasnya dengan baik. Pengendali stabilisasi meningkatkan stabilitas pesawat di beberapa kondisi penerbangan, sedangkan pengendali tracking memberikan kontrol yang baik untuk menjaga dan/atau mengatur kecepatan pesawat, sudut tanjak terbang, dan ketinggian.