Pemindahan Ibukota Negara menjadikan Jakarta kehilangan konsumen potensial
nya yaitu yang bekerja sebagai PNS, TNI, POLRI, dan Lembaga pemerintah lain
yang akan meninggalkan Jakarta dan akan banyak lahan dan gedung pemerintahan
yang ditinggalkan sehingga harus dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi penerapan city branding kota festival di Jakarta sebagai bentuk
kekuatan baru berupa pariwisata dan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan lahan
dan gedung pemerintah. Adapun sasaran dari penelitian ini adalah: (1)
Mengidentifikasi pengaruh dan faktor keberhasilan city branding kota festival, (2)
Menganalisis lokasi kegiatan festival, (3) Menganalisis pengaruh penggunaan
transportasi terhadap lingkungan, (4) Mengidentifikasi city branding kota festival
Jakarta dengan manajemen strategi pembangunan serta langkah penerapannya.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, telaah dokumen literatur
serta dokumen perundangan, data visual dari preseden, wawancara dengan
stakeholder pemerintah Jakarta dan pengelola aset menggunakan metode sampling
purposive, serta kuesioner masyarakat menggunakan sampling kuota. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kombinasi kualitatif kuantitatif dengan model
concurrent (kombinasi campuran) yaitu dengan kuantitatif regresi linear sederhana
serta kualitatif deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Jakarta mempunyai potensi sebagai Kota
Festival terutama dengan memanfaatkan kawasan pemerintahan pasca perpindahan
Ibu Kota Negara dan aset daerahnya. Dampak peningkatan ekonomi, perbaikan
masalah sosial dan pelestarian budaya terutama adalah tujuan yang diharapkan.
Hal penting pada proses perencanaan pembangunan kota festival menggunakan
instrumen city branding terutama mengenai pemahaman aktor kunci serta
masyarakat dan menuangkan konsep city branding dalam dokumen rencana
pembangunan. Penelitian ini diharapkan memberikan rekomendasi bagi Pemerintah
Jakarta dan dapat menjadi rujukan bagi kota lain di Indonesia dalam melakukan
perencanaan pembangunan dengan konsep city branding kota festival.