digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fauzan Alfathan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Kajian ini merupakan kajian mendalam yang bertujuan untuk mengeksplorasi beberapa permasalahan kompleks yang dihadapi PT Selaras Citanusa (Selaras Wisata) dalam mencari cara menarik pelanggan secara organik, khususnya dalam konteks industri pariwisata umrah yang selalu ramai. klien. kompetisi. Ketika pandemi COVID-19 berdampak pada industri pariwisata, bisnis ini menghadapi tantangan yang signifikan. Salah satunya adalah sulitnya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merekmerek yang ada di pasar, serta upaya meningkatkan pangsa pasar. Penelitian ini menyajikan pendekatan kualitatif yang komprehensif, menggabungkan berbagai metode analisis yang kuat. Metode bauran pemasaran 7P antara lain digunakan untuk merinci elemen-elemen penting dalam strategi pemasaran Selaras Wisata. Analisis tulang ikan digunakan untuk menemukan akar penyebab berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bisnis. Analisis SWOT membantu mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan di lingkungannya. Selain itu, analisis konten digunakan untuk memahami dan mengukur dampak berbagai upaya pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini juga mencakup analisis mendalam mengenai faktor eksternal yang mempengaruhi Selaras Wisata. Dengan menerapkan analisis Porter's Five, penelitian ini menganalisis struktur industri dan faktor eksternal lain yang dapat mempengaruhi perusahaan. Analisis perilaku pelanggan digunakan untuk lebih memahami preferensi, kebutuhan dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan Selaras Wisata. Data yang mendasari penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan anggota tim internal PT Selaras. Data ini kemudian dianalisis secara komprehensif menggunakan berbagai alat analisis, antara lain analisis SWOT dan analisis Fishbone. Kami berharap hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi upaya Selaras Wisata dalam membangun strategi pemasaran digital yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan pada akhirnya meningkatkan persepsi