Tantangan guru mata pelajaran fisika saat ini yaitu membuat bahan ajar yang menarik, sehingga
mudah berguna oleh siswa maupun guru. Bahan ajar yang baik dapat menarik minat belajar
siswa, memotivasi siswa untuk mempelajari materi fisika, dan meningkatkan hasil belajar
siswa. Pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kvisoft flip book
maker membantu guru untuk menciptakan sendiri bahan ajar berbentuk digital yang memuat
video, gambar, dan animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik
(e-modul) pada materi fluida statis dan dinamis yang layak berguna oleh guru maupun siswa
dengan metode Analyze, Design, Develop, Implement and Evaluate (ADDIE). Indikator
kelayakan sebuah e-modul dilihat dari 3 sisi yakni kevalidan e-modul baik dari segi materi
maupun media, kepraktisan penggunaan e-modul melalui hasil respon guru dan siswa, serta
keefektifan melalui peningkatan pengetahuan siswa terhadap materi dalam e-modul dengan
metode N-gain skor. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen, 1 orang guru fisika dan 10 siswa
Kelas XI SMA Seminari Sinar Buana. Pada aspek kelayakan media, e-modul fluida mendapat
skor 3,95 dengan kriteria “sangat baik”. Aspek materi mendapat skor 3,57 dengan kriteria
“sangat baik”. Hasil respon guru mendapat skor 3,8 dengan kriteri “sangat baik”. dan hasil
respon siswa mendapat skor 3,2 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil N-gain skor materi fluida
statis 0,7 dengan kriteria “sedang” dan fluida statis memperoleh skor 1 dengan kriteria “tinggi”.
Dengan demikian e-modul fluida layak untuk berguna oleh guru dan siswa.