digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

KARINA WIDYA RAMADHANI ABSTRAK
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Penelitian ini bertujuan untuk merancang permainan papan edukasi matematika dengan materi penghitungan uang. Papan permainan ini diperuntukkan untuk siswa kelas 3 sekolah dasar yang berada di Indonesia. Rendahnya peringkat Indonesia dalam penilaian kemampuan matematika pada PISA 2022 dan kebutuhan media pembelajaran di sekolah dasar menjadi alasan pemilihan topik ini. Perancangan permainan papan edukasi matematika ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Permainan papan ini divalidasi oleh guru kelas 3 sekolah dasar, ahli desain permainan, ahli desain, dan ahli materi. Hasil validasi tersebut menunjukkan permainan papan ini masuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba menujukkan permainan ini memiliki efektivitas dengan kategori sangat baik. Selain itu, terlihat peningkatan nilai pada siswa setelah menggunakan permainan papan edukasi ini. Oleh karena itu, permainan papan ini layak untuk digunakan.