digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Saumi Amrani
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Pandemi COVID-19 membawa dampak dibidang pendidikan. Penutupan sekolah yang berlangsung selama hampir dua T.A. mengindikasikan adanya learning loss. Penelitian dilakukan di berbagai negara di dunia untuk mengestimasi seberapa besar efek learning loss yang dialami siswa menyimpulkan adanya penurunan hasil belajar matematika yang signifikan di Belanda dan Amerika. Penelitian learning loss yang lebih spesifik menyangkut materi Teorema Pythagoras dilakukan dengan membandingkan rerata hasil belajar siswa di kelas VIII SMP pada T.A. 2020/2021, 2021/2022, dan 2022/2023 menggunakan pendekatan mixed-methods. Sebanyak 191 data hasil belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA. Hasil analisis menyimpulkan rerata hasil belajar siswa ditiga T.A. tidak berbeda secara signifikan. Faktor jenis kelamin siswa dan status sosial-ekonomi (SES) tidak berpengaruh terhadap nilai siswa. Wawancara kepada guru mengonfirmasi penurunan minat belajar siswa selama pembelajaran dimasa pandemi.