Pandemi COVID-19 membawa dampak dibidang pendidikan. Penutupan sekolah
yang berlangsung selama hampir dua T.A. mengindikasikan adanya learning loss.
Penelitian dilakukan di berbagai negara di dunia untuk mengestimasi seberapa
besar efek learning loss yang dialami siswa menyimpulkan adanya penurunan hasil
belajar matematika yang signifikan di Belanda dan Amerika. Penelitian learning
loss yang lebih spesifik menyangkut materi Teorema Pythagoras dilakukan dengan
membandingkan rerata hasil belajar siswa di kelas VIII SMP pada T.A. 2020/2021,
2021/2022, dan 2022/2023 menggunakan pendekatan mixed-methods. Sebanyak
191 data hasil belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA. Hasil
analisis menyimpulkan rerata hasil belajar siswa ditiga T.A. tidak berbeda secara
signifikan. Faktor jenis kelamin siswa dan status sosial-ekonomi (SES) tidak
berpengaruh terhadap nilai siswa. Wawancara kepada guru mengonfirmasi
penurunan minat belajar siswa selama pembelajaran dimasa pandemi.