digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Hijab telah menjadi sebuah fenomena besar dalam beberapa tahun ini, dengan persentase pengguna hijab yang mencapai 10 persen dari keseluruhan populasi Indonesia. Pasar Muslim telah menjadi kesempatan besar bagi banyak bisnis, terutama untuk bisnis fesyen. Kendati demikian, hijab telah menjadi kebutuhan utama bagi pengguna hijab, yang menyebabkan sikap mereka terhadap hijab berbeda jika dibandingkan dengan produk fesyen lainnya. Maka dari itu, riset ini dilakukan untuk memahami faktor-faktor apa sajakah yang memengaruhi niat pembelian pengguna hijab terhadap dua produk yang berbeda. Riset ini meneliti tentang faktor-faktor dari customer value proposition terhadap niat pembelian pengguna hijab. Data yang digunakan terkumpul dari 429 responden, menggunakan metode sampel purposive dengan responden yang dibutuhkan adalah wanita yang menggunakan kerudung dalam berkegiatan sehari-hari, berusia 15 tahun atau selebihnya, dan sedang berdomisili di Indonesia. Linear regresi berganda digunakan untuk mengolah data yang terkumpul. Hasilnya, seluruh faktor dari customer value proposition secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pembelian pengguna hijab, dimana variabel bebas dapat menjelaskan lebih dari 50% bagian variabel terikat.