digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Pipit Vitasari
PUBLIC yana mulyana

Dalam rangka memberikan edukasi kesehatan tentang DAGUSIBU, penelitian ini merujuk pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Aisy (2023). Penelitian tersebut berjudul "Pembuatan Materi Edukasi Layanan Informasi Obat Tentang DAGUSIBU Untuk Masyarakat Umum Menggunakan Media Komik dan Video Animasi." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap materi DAGUSIBU menggunakan media informasi berupa komik, serta menganalisis pengaruh pemberian informasi DAGUSIBU menggunakan media komik terhadap tingkat pengetahuan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif dengan melibatkan sampel sebanyak 385 orang masyarakat Indonesia. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli-Oktober 2023 melalui pengisian kuesioner kepuasan berbasis SERVQUAL, yang mencakup lima dimensi pertanyaan: keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), kepedulian (empathy), dan penampilan (tangibles). Selain itu, tingkat pengetahuan diukur menggunakan soal pre-test dan post-test. Metode analisis kepuasan masyarakat menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis (IPA), sementara analisis tingkat pengetahuan dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan Paired-Test. Analisis korelasi antara karakteristik demografi dengan tingkat pengetahuan menggunakan uji Spearman's Rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepuasan masyarakat terhadap materi edukasi DAGUSIBU dengan media informasi berupa komik mencapai 100,31%, dengan CSI sebesar 89,25% (sangat puas). Analisis IPA menunjukkan bahwa item terkait informasi cara penggunaan obat berdasarkan jenis sediaan dan rute pemberian, pustaka komik yang dapat dicek oleh pembaca, dan pemilihan diksi pada komik menjadi prioritas untuk diperbaiki. Selain itu, pemberian materi DAGUSIBU menggunakan media informasi berupa komik terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat, sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test (p<0,05., p=0,000) dan Paired Test (p<0,05., p=0,000).