Dalam rangka memberikan edukasi kesehatan tentang DAGUSIBU, penelitian ini merujuk pada
penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Aisy (2023). Penelitian tersebut berjudul "Pembuatan
Materi Edukasi Layanan Informasi Obat Tentang DAGUSIBU Untuk Masyarakat Umum
Menggunakan Media Komik dan Video Animasi." Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur
tingkat kepuasan masyarakat terhadap materi DAGUSIBU menggunakan media informasi berupa
komik, serta menganalisis pengaruh pemberian informasi DAGUSIBU menggunakan media komik
terhadap tingkat pengetahuan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif
dengan melibatkan sampel sebanyak 385 orang masyarakat Indonesia. Pengumpulan data
dilakukan pada bulan Juli-Oktober 2023 melalui pengisian kuesioner kepuasan berbasis SERVQUAL,
yang mencakup lima dimensi pertanyaan: keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance), kepedulian (empathy), dan penampilan (tangibles). Selain itu, tingkat
pengetahuan diukur menggunakan soal pre-test dan post-test. Metode analisis kepuasan
masyarakat menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis
(IPA), sementara analisis tingkat pengetahuan dilakukan dengan uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan
Paired-Test. Analisis korelasi antara karakteristik demografi dengan tingkat pengetahuan
menggunakan uji Spearman's Rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
kepuasan masyarakat terhadap materi edukasi DAGUSIBU dengan media informasi berupa komik
mencapai 100,31%, dengan CSI sebesar 89,25% (sangat puas). Analisis IPA menunjukkan bahwa
item terkait informasi cara penggunaan obat berdasarkan jenis sediaan dan rute pemberian,
pustaka komik yang dapat dicek oleh pembaca, dan pemilihan diksi pada komik menjadi prioritas
untuk diperbaiki. Selain itu, pemberian materi DAGUSIBU menggunakan media informasi berupa
komik terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat,
sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test (p<0,05., p=0,000) dan
Paired Test (p<0,05., p=0,000).