Audit Internal berfungsi sebagai mitra bisnis strategis, dengan tujuan utama untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Divisi Audit Internal Bank Sinar Syariah menghadapi tantangan karena kombinasi pendapatan karyawan yang tinggi dan kesenjangan pengetahuan di antara auditor. Implementasi manajemen pengetahuan dapat membantu organisasi dalam menghadapi tantangan ini sehingga mereka dapat bekerja secara efektif dan meningkatkan kinerja mereka.
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesiapan organisasi untuk mengadopsi manajemen pengetahuan, mengidentifikasi kekuatan dan perbaikan serta mengembangkan strategi untuk implementasi yang sukses. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. APO KM Assessment Tool digunakan untuk mengevaluasi dan menganalisis survei yang didistribusikan kepada karyawan Divisi Audit Internal. Metode kualitatif digunakan untuk membahas temuan dari survei dan kondisi saat ini juga kesempatan untuk perbaikan.
Berdasarkan penilaian, divisi audit internal Bank Sinar Syariah berada di Level Refinement dengan skor kumulatif 164,48. Ada beberapa bidang berdasarkan APO yang harus ditingkatkan oleh organisasi yaitu Orang, Proses Pengetahuan, Pembelajaran dan Inovasi, dan Hasil Pengetahuan. Penelitian menunjukkan bahwa divisi audit internal Bank Sinar Syariah perlu mengembangkan prosedur dan kebijakan KM, menciptakan Sistem Manajemen Pengetahuan, menerapkan program dan inisiatif KM. Penelitian ini diharapkan akan meningkatkan efisiensi keseluruhan divisi audit internal Bank Sinar Syariah dalam manajemen pengetahuan.