digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peningkatan perilaku penggunaan kendaraan pribadi oleh warga DKI Jakarta (choice user) ditengah penerapan strategi TDM yang terus dikembangkan, tidak terlepas dari dampak kebijakan yang diberlakukan selama masa pandemi covid-19. Aturan untuk menjaga jarak di ruang publik termasuk saat menggunakan transportasi publik dan pemberlakuan kebijakan diskon pajak PPnBM-DTP hingga 100%, mendorong warga untuk menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi ini memicu terjadinya kenaikan volume kemacetan lalu lintas pasca pandemi covid-19, yang berujung pada penurunan kualitas udara dan peningkatan angka penderita ISPA di DKI Jakarta. Oleh karena itu diperlukan inovasi strategi untuk menarik niat warga DKI Jakarta kategori choice user untuk beralih dan/atau terus menggunakan transportasi publik. Studi ini mencoba menganalisis strategi menarik niat penggunaan transportasi publik warga DKI Jakarta kategori choice user melalui pemberian pesan publikasi dan gamifikasi menggunakan modifikasi terhadap kerangka Teori Perilaku Terencana. Teori diuji menggunakan analisis SEM-PLS terhadap 200 data set responden. Hasil studi menunjukkan bahwa pesan publikasi dan gamifikasi secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap sikap perilaku, norma subjektif, serta kontrol perilaku. Temuan studi mengkonfirmasi pengaruh yang kuat dari sikap perilaku dan norma subjektif terhadap niat penggunaan transportasi publik. Studi ini mampu memperkaya kerangka TPB, dimana variabel gamifikasi berpengaruh terhadap sikap dan kontrol perilaku. Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam inovasi kebijakan pull strategy dalam penerapan TDM di DKI Jakarta.