Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim mempunyai potensi kekayaan sumber daya
kelautan yang sangat besar, khususnya pada sektor industri perikanan dan hasil kelautan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fluktuasi penjualan yang dialami PT. Pratama Minadaya
Indonesia yang ditengarai menjadi salah satu penyebab belum maksimalnya kinerja
penjualannya. Oleh karena itu, peneliti melakukan studi eksploratif untuk mengetahui
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penurunan kinerja tenaga penjualan dan
mengidentifikasi usulan strategi untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualan. Perusahaan
menggunakan penjualan personal sebagai alat penjualan dalam penjualannya. Dalam
menggunakan personal sales sebagai alat penjualan, hubungan menjadi salah satu faktor
penentu keberlangsungan kolaborasi bisnis dan perlu dijaga dengan baik. Oleh karena itu,
peneliti menduga menurunnya kinerja tenaga penjual disebabkan oleh permasalahan yang
terjadi pada proses personal sales. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metodologi
dan analisis penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan
wawancara dan observasi terhadap 9 klien dari perusahaan segmen pasar bisnis, 3 tenaga
penjual perusahaan dan 3 perusahaan kompetitor. Seluruh analisis tersebut kemudian
digabungkan menjadi analisis SWOT, kemudian dihasilkan strategi menggunakan matriks
analisis TOWS. Berdasarkan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini ditemukan bahwa
alat penjualan yang digunakan oleh perusahaan saat ini yaitu personal sales mempunyai
persepsi yang baik, dan tidak mempunyai permasalahan terhadap klien namun
permasalahannya lebih pada pengelolaan dan pemeliharaan hubungan. Dengan
menggunakan analisis PESTLE ditemukan bahwa dari aspek teknologi terdapat peluang
munculnya sistem operasional bisnis online dan terintegrasi berupa software online yang
dapat membantu operasional bisnis yang kurang optimal karena keterbatasan dalam
pembuatan sistem. Karena penjualan personal masih dianggap sebagai pendorong utama
penjualan secara keseluruhan dan pengelolaan hubungan menjadi salah satu isu utama,
penerapan strategi yang dapat meningkatkan kinerja penjualan personal dan meningkatkan
kemampuan tenaga penjualan untuk menjaga hubungan adalah prioritas dalam konteks ini.
Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan penelitian yang kedua, ditemukan bahwa
usulan strategi pemasaran yang dapat diterapkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja
tenaga penjualan adalah dengan memanfaatkan sistem operasi bisnis online dan terintegrasi
dalam sistem manajemen hubungan pelanggan, dimana pemilihan sistem dan metode dapat
dilakukan. disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.