digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 TS PP CONITA ANIES 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

Penggunaan reusable shopping bag telah semakin meluas di kalangan masyarakat global, termasuk di Indonesia, sebagai opsi alternatif untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Fenomena ini muncul seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan dan kebutuhan akan produk berkelanjutan. Reusable shopping bags memberikan solusi praktis dalam mengatasi permasalahan limbah plastik yang merusak lingkungan, sekaligus mendukung upaya global untuk menciptakan perilaku konsumsi yang lebih bertanggung jawab. Dengan meningkatnya pemanfaatan reusable shopping bag, hal ini menarik perhatian dalam rangka upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Generasi Z, saat ini juga dikenal sebagai generasi muda yang lebih peduli terhadap isu-isu keberlanjutan, sehingga menciptakan ketertarikan terhadap praktik konsumsi yang lebih ramah lingkungan atau menjadi solusi alternatif yang menunjang. Generasi Z, sebagai generasi yang tumbuh di era kemajuan teknologi digital dan informasi juga lebih vokal dalam mengedukasi tentang dampak negatif dari penggunaan kantong plastik terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi faktor – faktor determinan yang dapat memengaruhi Intention to use Generasi Z terhadap produk reusable shopping bag yaitu dengan mengidentifikasi faktor determinan terkait yang dapat mempengaruhi niat untuk menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner terstruktur yang didapat dari 109 responden dari kelompok Generasi Z di wilayah DKI Jakarta. Dengan dukungan Theory of Planned Behavior, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya faktor determinan yang mempengaruhi niat Generasi Z terhadap penggunaan produk reusable shopping bag yaitu adalah harga (price), kesadaran (awareness), kualitas (quality) dan desain (design). Hasil dari penelitian diharapkan dapat berguna bagi pelaku produsen, desainer dan juga pemasar untuk mendapatkan wawasan baik untuk merancang maupun mengimplementasikan strategi atau ide pemasaran yang sesuai dengan bantuan faktor determinan terkait dalam memengaruhi niat penggunaan produk reusable shopping bag di kalangan Generasi Z.