Penggunaan reusable shopping bag telah semakin meluas di kalangan masyarakat
global, termasuk di Indonesia, sebagai opsi alternatif untuk mengurangi penggunaan
kantong plastik sekali pakai. Fenomena ini muncul seiring dengan peningkatan
kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan dan kebutuhan akan
produk berkelanjutan. Reusable shopping bags memberikan solusi praktis dalam
mengatasi permasalahan limbah plastik yang merusak lingkungan, sekaligus
mendukung upaya global untuk menciptakan perilaku konsumsi yang lebih
bertanggung jawab.
Dengan meningkatnya pemanfaatan reusable shopping bag, hal ini menarik perhatian
dalam rangka upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan. Generasi Z, saat ini
juga dikenal sebagai generasi muda yang lebih peduli terhadap isu-isu keberlanjutan,
sehingga menciptakan ketertarikan terhadap praktik konsumsi yang lebih ramah
lingkungan atau menjadi solusi alternatif yang menunjang. Generasi Z, sebagai
generasi yang tumbuh di era kemajuan teknologi digital dan informasi juga lebih vokal
dalam mengedukasi tentang dampak negatif dari penggunaan kantong plastik terhadap
lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi faktor – faktor
determinan yang dapat memengaruhi Intention to use Generasi Z terhadap produk
reusable shopping bag yaitu dengan mengidentifikasi faktor determinan terkait yang
dapat mempengaruhi niat untuk menggunakannya. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif yaitu dengan pengumpulan data primer melalui kuisioner
terstruktur yang didapat dari 109 responden dari kelompok Generasi Z di wilayah DKI
Jakarta.
Dengan dukungan Theory of Planned Behavior, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa adanya faktor determinan yang mempengaruhi niat Generasi Z terhadap
penggunaan produk reusable shopping bag yaitu adalah harga (price), kesadaran
(awareness), kualitas (quality) dan desain (design). Hasil dari penelitian diharapkan
dapat berguna bagi pelaku produsen, desainer dan juga pemasar untuk mendapatkan
wawasan baik untuk merancang maupun mengimplementasikan strategi atau ide
pemasaran yang sesuai dengan bantuan faktor determinan terkait dalam memengaruhi
niat penggunaan produk reusable shopping bag di kalangan Generasi Z.