digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TS PP HAPPY CHRISTMANTO 1-COVER.pdf


2008 TS PP HAPPY CHRISTMANTO 1-BAB 1.pdf

2008 TS PP HAPPY CHRISTMANTO 1-BAB 2.pdf

2008 TS PP HAPPY CHRISTMANTO 1-BAB 3.pdf

2008 TS PP HAPPY CHRISTMANTO 1-BAB 4.pdf

2008 TS PP HAPPY CHRISTMANTO 1-PUSTAKA.pdf

Pada era globalisasi saat ini peran informasi dan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Teknologi informasi pada saat ini sudah menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh setiap orang. Teknologi telekomunikasi sangat berperan dalam kehidupan manusia karena dengan adanya teknologi ini, masyarakat memiliki kemudahan untuk melakukan komunikasi dan interaksi satu sama lain walaupun terpisah oleh jarak yang jauh. Adanya kemudahan untuk saling berkomunikasi dan menerima informasi satu sama lain, membuat penggunaan teknologi telekomunikasi dan informasi sudah berkembang menjadi sebuah alat bantu untuk proses-proses bisnis dalam kehidupan bermasyarakat. Peran teknologi telekomunikasi dan informasi sudah menjadi bagian bisnis yang mendunia dan semakin digunakan untuk berbagai keperluan yang semakin kompleks. Dengan adanya kondisi ini, XYZ sebagai salah satu unit pengembangan produk baru yang dimiliki oleh PT DEF di Indonesia harus melihat tren tersebut sebagai sebuah peluang dan potensi keuntungan besar yang harus terus dikembangkan. XYZ harus terus berusaha keras dalam menciptakan produk-produk inovatif yang performansi yang tinggi dan tidak kalah dengan para pesaingnya. Untuk mewujudkan hal tersebut maka XYZ harus memiliki tingkat inovasi yang tinggi agar XYZ dapat terus mempertahankan eksistensinya pada pasar dan bersaing dengan para kompetitornya. Untuk melihat bagaimana kondisi inovasi dalam XYZ maka dalam penelitian ini akan dilakukan proses penilaian terhadap faktor-faktor pengerak inovasi, yang terdiri dari 8 dimensi faktor, yang dimiliki oleh XYZ. Proses penilaian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner inovasi yang disebar kepada karyawan-karyawan dalam XYZ. Dari hasil pengolahan data yang dihasilkan selanjutnya dilakukan proses analisis data untuk melihat performansi inovasi yang dimiliki oleh XYZ. Dari hasil kuesioner yang didapatkan diperoleh data bahwa terdapat 3 faktor penggerak inovasi yang masih kurang pada XYZ. Ketiga faktor ini kemudian dibuat rencana implementasi perbaikan dan pengembangannya agar proses inovasi dalam XYZ menjadi lebih baik dari sebelumnya.